Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android pada tahun 2022

Advertisements
Advertisements

Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda harus menginstal salah satu aplikasi antivirus Android terbaik untuk melindungi ponsel atau tablet Anda dari aplikasi jahat dan jenis malware lainnya.

Namun, berbagai pilihan Anda luas. Aplikasi antivirus terbaik untuk Android tidak hanya menawarkan deteksi dan pencegahan malware yang sangat baik, tetapi juga fitur privasi dan anti-pencurian. Sebagian besar aplikasi ini memiliki tingkat layanan gratis sebelum Anda harus mulai membayar biaya berlangganan tahunan, dan beberapa benar-benar gratis.

Beberapa aplikasi antivirus terbaik untuk Android akan mencadangkan kontak dan data lainnya, melacak ponsel atau tablet melalui GPS, mengambil foto pencuri ponsel dengan kamera perangkat, dan bahkan menggunakan jam tangan pintar Wear. OS untuk menemukan ponsel Anda.

Kami telah mengumpulkan nama-nama besar dalam perlindungan antivirus seluler – Avast, Bitdefender, Kaspersky, Lookout, McAfee, Norton, dan Google sendiri – dan menilai aplikasi Android mereka berdasarkan konfigurasi, antarmuka, kemudahan penggunaan, fitur tambahan, dan banyak lagi. , daging anti-malware-nya.

Untuk mengukur perlindungan keamanan, kami menggunakan data dari AV-Test, laboratorium independen Jerman yang mengevaluasi sebagian besar aplikasi keamanan utama berdasarkan kemampuannya untuk mendeteksi malware dan ancaman lainnya. Kami juga menggunakan aplikasi Geekbench 4 untuk mengukur dampak aplikasi ini terhadap kinerja Android secara keseluruhan.

Apa saja aplikasi antivirus terbaik untuk Android?

Aplikasi antivirus terbaik untuk Android, menurut pengujian kami, adalah Bitdefender Mobile Security ($ 15 per tahun), yang menawarkan perlindungan malware yang hampir sempurna dan berbagai fitur.

Norton Mobile Security (mulai dari $15 per tahun) menawarkan perlindungan yang lebih baik. Sayangnya bagi kami, Norton telah menghentikan tingkat gratis Norton Mobile Security yang sangat baik dan fitur anti-pencuriannya, jadi Anda harus membayar sesuatu untuk mendapatkan perlindungan.

Avast Mobile Security dan McAfee Mobile Security menawarkan banyak fitur gratis dan berkinerja cukup baik dalam pengujian malware. Tetapi alat anti-pencurian dan pemblokiran panggilan Avast tidak berfungsi dengan baik, dan kedua aplikasi menampilkan banyak iklan, kecuali Anda membayarnya untuk tidak melakukannya.

Versi gratis Kaspersky Mobile Antivirus tidak memiliki iklan, dan fitur pemblokiran panggilan serta anti-pencuriannya berfungsi dengan baik. Perlindungan malware-nya sangat bagus, tetapi tidak memiliki pemindai keamanan jaringan Wi-Fi.

Lookout Security & Antivirus adalah salah satu aplikasi antivirus seluler pertama dan memiliki opsi perlindungan identitas yang menarik. Namun, ada sedikit data uji lab pihak ketiga tentang efisiensi antivirus Lookout, jadi kami tidak benar-benar tahu seberapa baik perlindungannya terhadap malware.

Aplikasi terbaru, Google Play Protect, dipasang di semua ponsel Android yang menjalankan Google Play. Sayangnya, ini sangat buruk dalam melindungi dari malware. Anda harus mempercayai sesuatu yang lain.

Aplikasi antivirus terbaik untuk Android yang bisa Anda dapatkan :

1. Bitdefender Mobile Security

tomsguide.com

Aplikasi keamanan Bitdefender untuk Android memiliki perlindungan malware yang hampir sempurna, kinerja yang sangat rendah, integrasi jam tangan Android Wear, klien VPN, dan pemblokir situs web berbahaya yang bekerja dengan sebagian besar browser Internet.

Ini juga dilengkapi alat perlindungan privasi yang kuat, termasuk kunci aplikasi, pemindai Wi-Fi, fitur anti-pencurian, dan pemberitahuan pelanggaran data. Fitur yang baru ditambahkan, Scam Alert, melaporkan tautan yang berpotensi berbahaya dalam pesan teks SMS, aplikasi perpesanan, dan notifikasi di layar.

Bitdefender Mobile Security menawarkan masa percobaan 14 hari, tetapi ini bukan aplikasi gratis. Aplikasi Bitdefender Antivirus Free terpisah untuk Android (yang sebenarnya sepenuhnya gratis) hanya memeriksa malware.

Klien VPN internal memberi Anda hanya 200MB data gratis per data, cukup untuk memeriksa email Anda saat bepergian. Jika Anda ingin lebih banyak data, Anda harus membayar $ 7 per bulan atau $ 50 per tahun.

Tetapi dengan $ 15 per tahun, Bitdefender Mobile Security bernilai uang. Ini adalah pilihan kami untuk aplikasi antivirus terbaik untuk Android.

2. Keamanan Seluler Norton

tomsguide.com

Norton Mobile Security, juga dikenal sebagai Norton 360, menawarkan perlindungan malware terbaik dari semua aplikasi antivirus Android yang telah kami uji. Sayangnya, ia tidak lagi memiliki fitur anti-pencurian, serta cadangan kontak Link Guard dan pemblokiran tautan berbahaya.

Norton juga menghapus tingkat gratis Norton Mobile Security, yang merupakan yang terbaik dari semua aplikasi antivirus Android yang kami uji baru-baru ini. Ini telah diganti dengan aplikasi khusus keamanan untuk perangkat yang berharga $15 per tahun.

Dengan $ 50 per tahun, tingkat harga rata-rata yang disebut Norton 360 untuk seluler menambahkan layanan VPN tanpa batas dan pemantauan “web gelap” atas informasi pribadi Anda. Paket paling mahal, Norton 360 Deluxe, $ 105 per tahun, sebenarnya adalah bagian dari jajaran antivirus Norton dan memungkinkan Anda melindungi hingga lima perangkat Android, Windows, Mac, atau iOS.

Semua langganan ini dapat dibayar langsung melalui aplikasi Norton, yang memiliki uji coba gratis selama 14 hari.

Fitur utama Norton adalah App Advisor yang unik, yang memantau aplikasi di perangkat Anda untuk penggunaan data-intensif dan perilaku yang tidak biasa. Periksa juga aplikasi di Google Play Store untuk mengetahui risiko keamanan dan privasi bahkan sebelum Anda menginstalnya.

3. Avast Mobile Security

tomsguide.com

Avast Mobile Security & Antivirus adalah salah satu aplikasi antivirus Android terbaik dengan fitur terbanyak dan menawarkan segalanya mulai dari penasihat privasi hingga pengoptimal sistem hingga daftar hitam yang dapat disesuaikan.

Tetapi meskipun perlindungan malware Avast bagus, itu jauh dari sempurna. Beberapa fitur anti-pencurian Avast tidak berfungsi untuk kami dan fitur pemblokiran panggilannya tidak berfungsi sama sekali. (Sejak itu telah dihapus.) Dan iklan versi gratis dan kerumitan pembaruan yang terus-menerus mengganggu dan mengganggu.

Iklan tersebut hilang jika Anda membayar salah satu tingkat berbayar Avast Mobile Security, Premium ($2 per bulan atau $20 per tahun) atau Ultimate ($7 per bulan atau $40 per tahun). Pengguna salah satu paket berbayar juga mendapatkan fitur anti-pencurian tambahan, kunci aplikasi, dan dukungan teknis.

Klien bawaan Avast untuk SecureLine VPN hanyalah lelucon dan satu-satunya cara untuk menggunakannya adalah dengan membayar tingkat Ultimate. Karena harga mandiri SecureLine adalah $60 per tahun, membayar tambahan $20 di atas antivirus Android tingkat premium untuk data VPN tanpa batas bukanlah hal yang buruk.

4. Anti-Virus Seluler Kaspersky

tomsguide.com

Kaspersky Mobile Antivirus, juga dikenal sebagai Kaspersky Internet Security untuk Android, menawarkan perlindungan malware yang hampir sempurna, dampak sistem minimal, dan pemblokiran panggilan yang benar-benar berfungsi.

Tidak ada iklan dalam versi gratis dan tidak ada banyak kerumitan untuk meningkatkan ke paket berbayar. Pengguna gratis mendapatkan pemfilteran panggilan, kompatibilitas Android Wear, dan serangkaian fitur anti-pencurian yang solid, tetapi Anda harus memindai setiap aplikasi baru secara manual.

Pengguna yang membayar mendapatkan pemindaian otomatis untuk aplikasi baru, pemblokir aplikasi, dan pemblokiran situs web phishing yang dikenal. Dan ini semua. Tidak ada pemindai jaringan Wi-Fi atau alat privasi apa pun yang ditawarkan oleh aplikasi antivirus Android lainnya.

Jika Anda hanya mencari perlindungan malware, Anda tidak bisa salah dengan tingkat gratis Kaspersky Mobile Antivirus. Tetapi sementara versi berbayarnya murah, tampilannya disederhanakan dan Anda bisa mendapatkan lebih banyak aplikasi berbayar saingan Bitdefender dengan harga lebih murah $5.

5. Lookout Antivirus dan Keamanan

tomsguide.com

Lookout Mobile Security, sekarang berganti nama menjadi Lookout Security and Antivirus atau Lookout Personal, adalah salah satu aplikasi antivirus pertama untuk Android dan telah lama menjadi yang terbaik. Kemudahan penggunaannya, antarmuka yang bersih, dan kurangnya iklan menjelaskan popularitasnya yang berkelanjutan.

Tetapi biaya Lookout dapat bertambah dengan cepat. Tingkat gratis adalah dasar; itu hanya memindai malware dan menemukan ponsel yang hilang.

Tingkat premium mengenakan biaya $ 30 per tahun, meskipun beberapa fiturnya (memblokir situs web berbahaya, memindai jaringan Wi-Fi) gratis dengan aplikasi antivirus Android lainnya. VPN tanpa batas dan layanan pemberitahuan pelanggaran data sepadan dengan harga premiumnya.

Dengan $ 100 per tahun, paket “premium plus” sebenarnya adalah layanan perlindungan identitas yang cukup murah yang menawarkan banyak manfaat yang sama yang akan Anda dapatkan dari LifeLock atau IdentityForce. Mungkin sepadan dengan biayanya.

Masalahnya adalah Lookout biasanya tidak mengirimkan aplikasinya ke evaluasi lab pihak ketiga, jadi kami tidak benar-benar tahu seberapa baik Lookout melindungi dari malware. Pemindaian aktifnya juga lambat dan tidak praktis.

6. Keamanan Seluler McAfee

tomsguide.com

Seperti Avast, McAfee menawarkan (atau menawarkan) banyak sekali fitur yang berguna, tetapi versi gratisnya juga penuh dengan iklan dan kiat-kiat yang menarik. Perlindungan malware layak, jika tidak fantastis.

Pada musim panas 2021, McAfee Mobile Security menghapus banyak fitur yang paling berguna, termasuk App Lock, Guest Mode, Anti-Theft, Memory Booster, dan Storage Cleaner. Tidak terlalu jelas mengapa hal ini dilakukan, selain “memodifikasi portofolio produk kami”.

Anda akan mendapatkan beberapa hal keren dengan versi gratis McAfee Mobile Security, seperti cara melacak penggunaan data setiap aplikasi dan pemindai keamanan Wi-Fi.

Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi dengan tingkat premium “Standar”, yang mencakup filter URL, dukungan teknis 24/7, dan tidak ada lagi iklan. Tapi itu agak mahal di $30 per tahun mengingat Bitdefender dan Kaspersky menawarkan fitur yang sama dengan harga yang lebih rendah.

Tingkat bayaran tertinggi, “Plus,” berharga $ 80 per tahun dan memberi Anda fitur standar plus akses VPN tak terbatas, tetapi hanya untuk ponsel atau tablet itu. Anda bisa mendapatkan salah satu layanan VPN terbaik untuk mencakup semua perangkat Anda dengan satu harga lebih rendah.

7. Google Play Protect

tomsguide.com

Google Play Protect ada di semua perangkat Android yang menjalankan Google Play dan akan sangat bagus jika berfungsi dengan baik. Sayangnya, deteksi malware buruk Google Play Protect adalah argumen terkuat untuk menggunakan aplikasi antivirus Android pihak ketiga.

Kami menyukai bahwa antarmuka Google Play Protect minimal, tidak ada iklan, dan pengaruhnya pada sistem ringan. Beberapa fitur bawaan Android lainnya, termasuk Temukan Perangkat Saya dan Penjelajahan Aman Chrome, mencerminkan apa yang dilakukan aplikasi antivirus pihak ketiga.

Fitur terbaik dari Google Play Protect adalah Google dapat menggunakannya untuk menonaktifkan aplikasi berbahaya dari jarak jauh. Ini masih terjadi terlepas dari apakah Anda menggunakan perangkat lunak antivirus pihak ketiga atau tidak. Kami menyarankan Anda untuk tidak menonaktifkan Google Play Protect.

Namun secara keseluruhan, Google Play Protect sangat buruk dalam melindungi Anda dari aplikasi berbahaya. Untuk kebaikan Anda sendiri, gunakan sesuatu yang lain.

Mengapa Anda harus menggunakan aplikasi antivirus Android

Idealnya, untuk melindungi perangkat Android Anda, Anda harus memperbarui perangkat lunak Anda. Setiap versi baru Android lebih aman daripada versi sebelumnya, dan setiap pembaruan keamanan Android bulanan memperbaiki kekurangan baru yang ditemukan.

Tetapi kecuali Anda memiliki ponsel Google Pixel atau Android One, Anda tidak akan langsung mendapatkan pembaruan tersebut. Sebagian besar produsen perangkat memerlukan waktu untuk memastikan perubahan Android tidak merusak perangkat atau perangkat lunak mereka.

Penundaan bisa beberapa minggu atau beberapa bulan. Lebih buruk lagi, beberapa model ponsel Android berhenti menerima pembaruan OS Android setelah dua tahun, dan beberapa tidak pernah mendapatkan patch keamanan bulanan.

Di sinilah aplikasi antivirus terbaik untuk Android ikut bermain. Mereka memblokir serangan yang mencoba melewati pertahanan bawaan Android, terutama yang telah ditambal oleh Google tetapi tidak dimiliki perangkat Anda (atau tidak akan pernah). Selain itu, mereka memblokir serangan baru yang tidak akan dideteksi oleh Google Play Protect, bahkan pada ponsel Pixel.

Bagaimana memilih aplikasi antivirus Android terbaik untuk Anda

Aplikasi antivirus Android hadir dalam tiga skema harga: sepenuhnya gratis, berbayar penuh, dan freemium.

Aplikasi gratis memungkinkan Anda memilih antara mendapatkan serangkaian fitur terbatas secara gratis atau membayar untuk versi premium yang memberi Anda fitur sebanyak mungkin, mirip dengan aplikasi berbayar penuh. Aplikasi yang menawarkan banyak fitur gratis juga dapat menampilkan banyak iklan kepada Anda.

Fitur tersebut mungkin termasuk mekanisme anti-pencurian, “penasihat” untuk membantu Anda menavigasi dan memilih aplikasi, pemindai keamanan jaringan Wi-Fi, atau kunci aplikasi yang memerlukan kode sandi untuk membuka aplikasi tertentu.

Aplikasi berbayar dan tingkat premium umumnya berharga antara $15 dan $30 per tahun. Beberapa pembuat aplikasi mencoba membatasi jumlah perangkat yang dapat Anda instal pada versi premium/berbayar mereka. Beberapa menambahkan tingkat super premium yang memberi Anda layanan VPN atau layanan perlindungan identitas tanpa batas, seringkali dengan harga yang cukup bagus.

Tetapi faktor terpenting dalam memutuskan aplikasi antivirus Android mana yang akan digunakan adalah perlindungan malware.

Norton dan Bitdefender memimpin kategori ini dan Kaspersky tidak terkecuali. Avast bagus tapi tidak bagus, sedangkan Google Play Protect bawaannya buruk. Kami tidak yakin tentang Lookout dan 360 Security karena mereka belum mengirimkan aplikasi mereka ke uji lab baru-baru ini.

Bagaimana Saat kami menguji aplikasi antivirus Android terbaik

Untuk mengukur perlindungan keamanan aplikasi antivirus Android terbaik, kami menggunakan hasil pengujian dua bulanan terbaru dari AV-TEST, laboratorium independen di Jerman yang mengukur seberapa baik aplikasi keamanan Android terkemuka mendeteksi malware zero-day dan ancaman lainnya.

Karena skor beberapa aplikasi tidak konsisten di seluruh pengujian, kami juga melihat hasil dari dua tahun sebelumnya.

Kami juga menggunakan beberapa hasil dari AV-Comparatives, sebuah laboratorium di Austria yang setahun sekali menguji hampir semua aplikasi antivirus Android di Google Play, bahkan yang tidak bekerja sama dengan lab pengujian. Tapi tes ini kurang rinci.

Untuk mengukur dampak aplikasi antivirus pada kinerja keseluruhan, kami menggunakan aplikasi benchmark Geekbench 4 pada ponsel Google Pixel 3 yang menjalankan Android 9.0 Pie. Untuk setiap aplikasi, kami menjalankan Geekbench beberapa kali tanpa menginstal aplikasi antivirus, lalu dengan salah satu aplikasi ulasan diinstal, dan terakhir selama pemindaian penuh aplikasi tersebut.

Kami juga mengevaluasi jumlah dan kegunaan setiap fitur aplikasi, mencatat fitur mana yang disediakan untuk pengguna berbayar, dan mengevaluasi antarmuka pengguna dan proses pemasangan.

Produk antivirus Kaspersky telah dilarang dari jaringan pemerintah AS. Karena perusahaan tersebut adalah Rusia, perangkat lunaknya akan menciptakan risiko yang tidak dapat diterima bagi orang dan organisasi yang terlibat dalam keamanan dalam negeri dan infrastruktur penting.

Namun, kami yakin perangkat lunak Kaspersky sangat aman untuk pengguna rumahan. Kami tidak melihat bukti untuk meyakinkan kami sebaliknya. Peneliti Kaspersky sangat dihormati di industri antivirus, dan perusahaan tersebut secara terbuka mengekspos kampanye spionase dunia maya Rusia dan AS.

 

 

 

tomsguide.com

Check Also

youtube musik

Wow Pembaruan YouTube Musik Dengan Algoritma Acak Otomatis

Pembaruan YouTube Musik Dengan Algoritma Acak Otomatis Dan Rak Keluarga Baru YouTube Musik baru-baru ini …