www.lifewire.com

TOP 10 Cara Membuat Performa Laptop Makin Ngebut Wuzz…Wuzzz

Advertisements

Anda Sering Mengalami Laptop Lemot? Lakukan Sepuluh Tips Ampuh Ini Untuk Meningkatkan Performa Laptop Anda Biar Makin Ngebut

1.bp.blogspot.com

Cara Mempercepat Performa Laptop Di Rumah Dengan Mengikuti Trik Ini. Ada 10 langkah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kinerja laptop Anda kembali memburuk.

Laptop adalah salah satu alat yang paling populer untuk mendukung berbagai tugas. Banyak hal yang bisa dilakukan melalui alat ini, seperti mencari pekerjaan, aktivitas atau bersenang-senang.

Banyak hal yang dapat dilakukan melalui laptop sangat bergantung padanya. Dan tentunya akan sangat menyebalkan jika mengalami masalah penurunan performa laptop (lemot), apalagi jika terjadi di saat kritis.

Bagi yang sering mengalami masalah laptop lemot, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut penjelasan dari situs resmi IDCloudHost pada Rabu 16 Februari 2022:

1. Hapus program yang tidak perlu

Sama seperti file, terlalu banyak program dapat membuat kinerja laptop Anda lebih sulit. Segera hilangkan program-program yang tidak perlu dan tidak berguna di laptop Anda agar tidak mengganggu kinerja laptop Anda di kemudian hari.

Baca Juga:  Cara Paling Mudah Untuk Melakukan Hard Reset Atau Reset Pabrik Hp OPPO

2. Bersihkan file

Terlalu banyak file dapat menyebabkan laptop menjadi lambat. Apalagi jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang sangat sedikit di laptop Anda. Anda bisa menghapus file-file yang tidak penting di laptop Anda untuk mengurangi kinerja laptop Anda, jangan lupa untuk mengosongkan recycle bin.

3. Mengganti HDD dengan SSD

Selain menambah kapasitas RAM, mengganti HDD dengan SSD juga bisa mempercepat kinerja laptop Anda. Tapi ingat, ganti, jangan tambahkan HDD. Menambahkan HDD tidak secara signifikan mempengaruhi kecepatan laptop Anda.

4. Meningkatkan kapasitas RAM

Solusi paling efektif untuk masalah laptop lemot adalah dengan menambah kapasitas RAM. Saat ini ada beberapa versi RAM yang beredar di pasaran, antara 2GB, 4GB dan 8GB.

5. Gunakan memori virtual

Memori virtual dapat memperoleh kinerja tambahan jika Anda kehabisan kapasitas memori fisik. Meski efeknya tidak sama dengan menambah RAM, tapi Anda bisa mencobanya.

Untuk menggunakannya, buka Control Panel dan klik System and Security. Setelah memilih sistem dan sistem lanjutan, buka tab Lanjutan.

Baca Juga:  Cara Paling Gampang Untuk Mengetahui Kata Sandi Facebook Sendiri

Di bagian Performance, klik Settings untuk membuka tab Advanced, di bawah Virtual Memory, lalu klik Edit. Anda perlu mengosongkan kotak centang untuk secara otomatis mengelola ukuran file paging untuk setiap drive, silakan periksa ukuran khusus. Klik pengaturan, lalu klik OK.

www.harapanrakyat.com

6. Gunakan pemindai virus

Laptop yang lemot juga bisa disebabkan oleh virus yang mendarat di laptop. Gunakan antivirus untuk membuat laptop Anda lebih aman. Tapi ingat, selalu gunakan antivirus resmi, Anda bisa mencoba Windows Defender yang lebih murah.

7. Defrag hard drive Anda

Defragmentasi hard drive dapat membantu hard drive berjalan lebih efisien dan lancar, yang juga meningkatkan kenyamanan menggunakan laptop.

Untuk mendefrag hard drive Anda, klik kanan pada hard drive Anda dan pilih Properties, lalu pilih Defragment now dan tunggu sampai selesai.

8. Menggunakan Pembersihan Disk

Jika cara di atas masih gagal untuk meningkatkan kinerja laptop Anda, Anda dapat mencoba untuk menghapus disk. Ini dapat membantu membersihkan file-file sementara di hard drive Anda.

Baca Juga:  8 Cara Mudah Mengatasi Layar Chromebook Blank Hitam

Yang harus Anda lakukan adalah memilih dari drive mana Anda ingin membersihkan file-file sementara. Untuk melakukannya, klik kanan kandar, buka Properti, lalu klik Pembersihan Disk.

9. Hentikan programnya

Anda juga dapat mengatasi laptop yang lambat dengan berhenti menjalankan program yang tidak digunakan. Caranya adalah pergi ke task manager.

Pilih program yang saat ini tidak digunakan, klik Selesai dan hanya itu. Program yang sedang berjalan tetapi tidak digunakan masih menggunakan memori, jadi sebaiknya hentikan.

10. Mode hibernasi

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan mode hibernate saat login ke Windows. Fungsi dari mode ini adalah untuk menyimpan memori yang baru saja dimatikan.

Hibernasi dapat membantu Anda menyegarkan ingatan Anda jika Anda dipanggil untuk bekerja lebih keras dengan mengklik tombol Windows dan 1 secara bersamaan.

Setelah masuk, klik Power & Sleep, lalu masuk ke pengaturan daya tambahan. Buka Opsi Daya, pilih fungsi tombol daya, lalu pilih Ubah pengaturan yang tersedia saat ini.

 

Sumber : sindonews.com

Originally posted 2022-02-16 22:35:47.

Periksa Juga

Anda Ingin Menonaktifkan Pesan Flash di Android Anda? Begini Caranya

Cara Paling Mudah Dan Simpel Untuk Menonaktifkan Pesan Flash di Android Pernahkah Anda menggunakan ponsel …