illuminationconsulting.com

BERBONDONG-BONDONG EKSPANSI STARTUP INDONESIA KE LUAR NEGERI

Advertisements

Ekspansi Startup Indonesia Keluar Negeri Menguntungkan Investor

ekspansi startup
miro.medium.com

 

Edward Ismawan Chamdani, bendahara Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amvesindo), mengatakan startup lokal yang berekspansi ke luar negeri akan lebih menarik minat investor.

Strategi ekspansi startup lokal ke luar negeri menjadi senjata para startup tersebut untuk menarik investor sekaligus memanfaatkan dana yang diperoleh.

“Kami juga mengenal istilah roll-up strategy seperti Lazada yang menarik bagi Alibaba pada saat akuisisi karena sudah hadir di lima negara sekaligus tanpa harus melakukan konsolidasi di masing-masing negara dan mencari startup sejenis. Gulung.” – kata nya Minggu 20 Februari 22.

Menurut Esward, jaringan lokal asing dan pengalaman yang berbeda dari masing-masing negara dapat menjadi pelajaran dalam memperkenalkan inovasi-inovasi baru.

Namun Nailul Huda, ekonom digital Institute for Economic and Financial Development (Indef), mengatakan pasar UMKM Indonesia memang sangat besar, namun sebagian besar belum mengenal teknologi digital.

“Alasannya masih ada kesenjangan digital di Indonesia, sehingga masih banyak pelaku UMKM yang belum terbantu dengan internet, tidak mengerti internet dan bahkan tidak menggunakan internet,” ujarnya.

Alhasil, kata Huda, meski memiliki pasar yang besar, UKM Indonesia masih belum bisa meminjamkan ke fintech p2p. Hal ini berbeda dengan UMKM banyak negara ASEAN lainnya yang sebagian besar sudah mengenal internet karena internet tersedia dan memadai.

Untuk itu, kata Huda, pendorong ekspansi startup fintech di luar negeri adalah kemauan UKM di negara lain untuk melakukan digitalisasi.

Huda menjelaskan, pendanaan untuk startup fintech lending relatif besar dan cepat. Salah satu cara untuk membiayainya adalah dengan meningkatkan pangsa pasar.

“Saya kira investor tahu karena keterbatasan pasar domestik, salah satu target investor adalah fintech yang berencana ekspansi ke luar negeri,” katanya.

Sementara itu, Huda mengatakan banyak startup lokal yang perlu bisa belajar dari beberapa kasus perusahaan teknologi lokal yang berekspansi ke pasar ASEAN. Di ASEAN sendiri, SEA Limited sudah terintegrasi dengan pendanaan yang tinggi dan pangsa pasar yang besar.

Ini pasti akan bersaing dengan SEA Limited, terutama karena perusahaan masih berekspansi dengan bank digitalnya. Bersaing dengan bank digital milik SEA Limited akan menjadi tantangan besar bagi perusahaan fintech.

Ia menambahkan, satu hal yang perlu diperhatikan adalah karakteristik UKM luar negeri dengan unit usaha yang berbeda di Indonesia. Start-up ini harus bisa membaca pasar secara menyeluruh dan mampu melakukan perubahan.

 

 

Sumber: bisnis.com

Periksa Juga

Pengertian Zero-Click Attack Dan Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya

Salah Satu Serangan Ini Dapat Merusak Perangkat Anda, Bagaimana Cara Mengatasi Zero-Click Attack? Peretas menggunakan …