gif logo
google-edited

5 Hal Tentang GIF Yang Tidak Anda Ketahui Selama Ini

Advertisements

Inilah 5 Hal Tentang GIF Yang Tidak Anda Ketahui Selama Ini

gif logo
quizandsurveymaster

File GIF sederhana telah bersama kami untuk waktu yang lama. Sayangnya, pencipta GIF, ilmuwan komputer Steve Wilhite, meninggal dunia pada Maret 2022. Untuk menghormati dia dan kontribusinya, kami harap Anda menikmati fakta-fakta ini dan Anda akan memikirkannya saat berikutnya Anda memulai GIF animasi dalam obrolan grup.

GIF mendahului World Wide Web

Dari hari-hari awal web, dengan Under Construction berkedip di situs web GeoCities hingga posting Twitter hari ini, GIF tampaknya benar-benar tidak dapat dipisahkan dari pengalaman internet.

Dan meskipun format GIF tidak mendahului Internet itu sendiri, itu mendahului penggunaan Internet secara luas di antara orang-orang biasa dan pengenalan World Wide Web.

GIF dibuat pada tahun 1987 di bawah kepemimpinan tim pengembangan CompuServe, Steve Wilhite. Kami sekarang memiliki Internet Service Provider (ISP), tetapi pada saat kami memiliki Online Service Provider (OSP). OSP ini, yang paling populer adalah CompuServe, Prodigy dan AOL, menawarkan konektivitas ke “layanan online” di era sebelum akses Internet komersial yang layak dapat diperoleh. Pengguna telah mendaftar ke layanan mereka masing-masing untuk melihat berita, berbagi, email, dan pesan yang dipertukarkan dengan pengguna lain dari OSP mereka dan berpartisipasi dalam semacam versi berdinding dari Internet terbuka yang sedang mereka gunakan.

 

Jika kedengarannya seperti sejarah kuno, setidaknya dalam hal komputasi, memang begitu. Dan kecepatan modem adalah kecepatan kuda dan kereta dibandingkan dengan hari ini. Wilhite dan timnya ditugaskan untuk membuat file gambar berwarna yang dimuat dengan cepat untuk Compuserve agar dapat dengan cepat menampilkan gambar berwarna untuk tiket stok dan antarmuka lainnya. Penggunaan GIF mempercepat kompresi data, bahkan dibandingkan dengan gambar hitam putih yang tidak terkompresi yang digunakan pada saat itu.

Baca Juga:  Roket Yang Bakal Menabrak Bulan Bukan Roket SpaceX

GIF pertama adalah gambar diam

Ketika datang ke acara publik seperti peluncuran produk atau pengajuan paten, cukup mudah untuk menangkap contoh utama dari ini. Namun, ketika datang untuk memburu contoh pertama dari format file tertentu, hal-hal bisa menjadi rumit karena pada saat itu mungkin tampaknya tidak penting untuk melestarikan hal-hal seperti itu untuk sejarah.

Namun, kami telah menyelidiki satu dan kami cukup yakin kami telah mengekstrak file GIF pertama yang dapat kami tampilkan. Dalam wawancara 2012 dengan Daily Dot, Wilhelm berkata: “Saya pikir GIF pertama adalah gambar pesawat terbang, itu sudah lama sekali.”

Banyak publikasi telah mengambil informasi ini dan mengeksekusinya, menyatakan berbagai GIF animasi pesawat sebagai gambar GIF pertama. Tapi ini tidak terjadi. GIF pertama tidak dianimasikan. Faktanya, iterasi pertama GIF bahkan tidak mendukung animasi.
Online hari ini
Berkat Internet Archive, Anda dapat melihat salinan majalah CompuServe Online Today, yang diterbitkan antara 1987 dan 1996. Dan apa yang kami temukan di edisi Oktober 1987? Artikel tentang format gambar GIF baru yang menarik, Wilhite yang tersenyum dan gambar diam pesawat terbang.

Meskipun tidak mungkin untuk memahkotai gambar ini dalam GIF pertama yang tak terbantahkan sepanjang masa, buktinya cukup kuat untuk bertaruh dengan aman.

Baca Juga:  SERANGAN PHISHING BERHASIL MENCURI NFT OPENSEA SENILAI 24 MILIAR

Netscape membuat GIF animasi berulang

Tak lama setelah pengenalan GIF, Wilhite dan timnya mengembangkan GIF lebih lanjut pada tahun 1989 dengan menambahkan kemampuan untuk menganimasikannya sebagai presentasi yang sederhana dan ringkas. Format aslinya mendukung banyak gambar, tetapi format lanjutan memiliki penundaan yang memungkinkan efek presentasi.

Meskipun ini adalah kelahiran teknis GIF animasi, bukan itu yang menempatkan GIF animasi di peta. Ini karena pengembang Netscape Communications Corporation. GIF telah dimodifikasi untuk menciptakan efek perulangan di mana tayangan slide diulang-ulang.

Dirilis pada tahun 1995, Netscape Navigator 2.0 mendukung fungsi ini dan bahkan memperkenalkannya langsung ke antarmuka browser. Di sudut kanan atas browser, logo Netscape kecil yang ditunjukkan di atas menjadi hidup dengan bintang jatuh saat halaman web dimuat. Sejak saat itu, GIF animasi telah berlipat ganda di World Wide Web dengan segera.

Diucapkan dengan Soft G.

gif
i.ytimg.comgif

Judul artikel Online Today yang disorot di atas memberikan referensi ke pengucapan asli GIF. “Pengguna Komputer Pilih GIF” adalah anggukan yang jelas untuk slogan iklan selai kacang JIF, “Ibu Pemilih Pilih JIF” dan secara internal, pengembang CompuServe bercanda: “Pengembang Pilih Pilih GIF”.

Tentu saja, GIF, sementara kebanyakan dari kita mengucapkannya dengan huruf G keras seperti “pusing”, awalnya seharusnya diucapkan dengan huruf G lembut seperti “gin”.

Bahkan, pengucapan Hard G sangat diterima sehingga ketika Wilhite sendiri menunjukkan bahwa Soft G, bukan Hard G, saat menerima Webby Lifetime Achievement Award pada 2013, memulai aktivitas intens di media sosial dan Internet sementara orang-orang memperdebatkan hal itu.

Baca Juga:  Windows 11 Bakal Melakukan Pembaruan Besar-Besaran, Apa Saja Yang Baru?

Budaya meme menyimpan GIF

Awalnya, GIF sebagian besar hanya bunga desainer. Mem-flash label “Sedang Dibangun” di halaman web, mengedipkan panah, dan sejenisnya. Namun, tak lama setelah pengenalan GIF animasi perulangan, GIF viral pertama muncul. GIF viral pertama yang paling terkenal adalah GIF “dancing baby”, sebuah rendering CGI yang berubah menjadi file GIF yang dengan cepat dibagikan di mana-mana, termasuk sebagai pemain berulang di acara TV populer Ally McBeal.

Tetapi ketika internet berubah, GIF mulai memasuki buku tahunan sejarah internet. Dari awal hingga pertengahan 2000-an, GIF sangat ketinggalan zaman dalam hal desain web dan setara dengan menggunakan label pada teks.

Meskipun telah mengganggu ketidakjelasan relatif selama bertahun-tahun, GIF dihidupkan kembali pada tahun 2010 karena munculnya budaya meme. Meme internet, tentu saja, sudah ada sejak lama, tetapi selama ini berbagi, redistribusi, dan remixing file GIF sebagai meme benar-benar meledak. Tiba-tiba, GIF bukan pilihan desain web lama tahun 90-an, tetapi cara untuk berbagi lelucon atau menangkap reaksi dalam beberapa bingkai cerdas yang diambil dari film, acara TV, atau bahkan berita – dan sisanya adalah sejarah. GIF menjadi masalah besar karena Facebook menangkap layanan berbagi GIF Giphy yang populer seharga $ 400 juta pada tahun 2020.

Dari sekadar menekan untuk mengoptimalkan tampilan gambar hingga kendaraan hingga berbagi lelucon dan reaksi, satu hal yang jelas. Lebih dari tiga dekade setelah penemuannya, GIF tetap ada di sini.

 

 

Sumber: howtogeek.com

Originally posted 2022-03-27 06:30:41.

Periksa Juga

Windows 11 Bakal Melakukan Pembaruan Besar-Besaran, Apa Saja Yang Baru?

Windows 11 Bakal Melakukan Pembaruan Besar-Besaran, Apa Saja Yang Baru? Microsoft saat ini bekerja keras …