launcher android
www.phoneyear.com

Launcher Android – Instal, Ubah, Dan Custom Smartphone Anda

Advertisements

Cara Memilih Launcher Android Terbaik Dan Paling Cocok Untuk Smartphone Anda

launcher android terbaik
ik.imagekit.io

Kapan saja dalam 10 tahun terakhir, tanyakan kepada penggemar Android apa yang mereka sukai dari Android dan kemungkinan besar penyesuaian adalah jawabannya. Alih-alih memiliki antarmuka pengguna yang agak kaku seperti iOS, Android telah lama dipuji karena kemampuannya untuk mengubah penampilan dan perilakunya.

Sebagian besar penyesuaian berasal dari Peluncur Android di Play Store. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kami menemukan bahwa produsen telah menambahkan lebih banyak opsi penyesuaian langsung ke perangkat lunak mereka. Dan itu berlanjut dengan Android 12, yang telah mengalami perubahan besar dalam desain dan kustomisasi.

Namun, makanan pembuka memiliki tujuan. Pilih yang tepat dan Anda dapat menggunakan semua jenis penyempurnaan. Dari membuat widget yang sepenuhnya disesuaikan yang terlihat dan berperilaku seperti yang Anda inginkan, hingga mengubah ukuran dan gaya ikon aplikasi.

Cara Untuk Memilih Launcher Android yang Cocok Untuk Smartphone Anda

launcher android
www.windowscentral.com

Sebelum memilih peluncur, Anda mungkin ingin memikirkan apa yang Anda inginkan dari ponsel Android Anda. Jika Anda memiliki perangkat dari pabrikan Cina seperti Oppo atau Xiaomi – atau perangkat berkulit tebal seperti Samsung – dan hanya ingin pengalaman yang lebih mirip Android, peluncur terbaik yang dapat diunduh mungkin adalah peluncur Nova.

Nova Launcher menawarkan pengalaman visual yang jauh lebih mirip dengan tampilan kit standar / Android. Selain menawarkan tampilan yang sangat mirip Pixel secara default, ini juga memungkinkan Anda mengontrol setiap elemen pengalaman perangkat lunak ponsel Anda.

Tersedia dalam versi gratis dan premium, yang terakhir menawarkan lebih banyak opsi dan pasti sepadan jika Anda hanya ingin ponsel Anda terlihat seperti yang Anda inginkan.

Misalnya, Nova Launcher memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran ikon layar beranda secara manual dan menginstal paket ikon khusus untuk mengubah tampilannya. Anda dapat memilih baris dan kolom sebanyak yang Anda inginkan di layar beranda dan laci aplikasi, dan bahkan menyempurnakan tampilan bilah pencarian Google. Dan ini hanyalah puncak gunung es.

Faktanya, Nova Launcher sangat dalam sehingga mungkin sepadan dengan penjelasan dan tutorial lengkapnya, jadi mari kita lupakan saja untuk saat ini. Cukuplah untuk mengatakan bahwa jika Anda suka bermain dan menyesuaikan, ada beberapa produk yang menawarkan fitur-fitur canggih yang ditemukan di Nova Launcher.

Unduh Launcher Untuk Android

launcher android
i.pinimg.com

Langkah pertama dalam menginstal launcher baru sama persis dengan mendownload aplikasi. Cukup buka Play Store dan temukan peluncur berdasarkan nama (daftar saran di bagian bawah artikel), atau cukup ketik “peluncur”. Dalam panduan ini kita akan menggunakan Nova Launcher sebagai contoh, tetapi proses yang sama berlaku untuk semuanya.

Setelah Anda menemukan dan menginstal installer yang ingin Anda unduh, langkah selanjutnya adalah instalasi. Sebagian besar peluncur Android menyertakan panduan penginstalan untuk membantu Anda memulai dengan cepat, jadi cukup ketuk ikon aplikasi peluncur yang akan muncul di layar beranda atau bilah tugas.

Saat Anda mengetuk ikon aplikasi, tergantung pada ponsel yang Anda gunakan, pesan pop-up mungkin muncul yang menyatakan sesuatu seperti: “Peluncur X saat ini disetel sebagai default, buka pengaturan dan coba [nama peluncur baru]” . Setelah mengonfirmasi bahwa Anda ingin mencobanya, tampilan layar beranda berubah total.

Ketika ini terjadi, Anda belum benar-benar mengatur peluncur baru sebagai default, sehingga dapat membingungkan untuk menekan tombol Rumah dan kembali ke peluncur lama. Apa yang bisa kau lakukan. Ponsel dapat melakukan ini atau menampilkan jendela sembul praktis yang menanyakan pemicu mana yang ingin Anda gunakan secara default.

Ubah Launcher Android Bawaan Hp

Sebenarnya, menyetel peluncur sebagai peluncur default adalah proses yang sedikit berbeda dari perangkat ke perangkat. Untuk beberapa ponsel Android, buka Pengaturan> Beranda dan pilih peluncur yang Anda inginkan. Kebetulan, buka Pengaturan> Aplikasi dan tekan ikon roda gigi Pengaturan di sudut atas, di mana Anda dapat memilih dari opsi untuk mengubah aplikasi default.

Lainnya seperti Huawei, Oppo dan Xiaomi membuatnya sedikit lebih rumit …

  • Samsung (Android 12) – Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi default > Aplikasi rumah
  • Oppo & Realme (Android 11) – Pengaturan > Manajer aplikasi > Aplikasi default > Layar Beranda
  • Xiaomi / Redmi / Poco (Android 11) – Pengaturan > Layar Beranda > Peluncur default
  • OnePlus (Android 11) – Pengaturan > Aplikasi dan pemberitahuan > Aplikasi default

Tentu saja, jika Anda memiliki versi perangkat lunak yang lebih lama, metodenya mungkin sedikit berbeda. Cara tercepat dan termudah adalah membuka aplikasi Pengaturan dan mencari “aplikasi default” di kotak pencarian dan menemukannya.

Kemudian Berikutnya Bagaimana?

launcher android terbaik
i1.wp.com

Seperti yang disebutkan di atas, setelah launcher benar-benar aktif di ponsel, tampilan home screen akan berubah. Aplikasi Anda kemungkinan besar tidak akan lagi diatur seperti dulu, jadi Anda perlu waktu beberapa menit (baik, mungkin lebih) untuk menemukan aplikasi Anda, membuat folder, memilih wallpaper, dan banyak lagi.

Anda juga dapat mengakses pengaturan startup untuk menyesuaikan berbagai aspek. Dalam banyak kasus, cukup ketuk dan tahan layar beranda, dan tepat di sebelah opsi wallpaper dan widget standar, ada bilah pengaturan dan bahkan opsi paket ikon (tergantung pada peluncur yang Anda gunakan).

Apa Saja Peluncur Android Yang Ada?

Ada sejumlah peluncur yang layak untuk Android, masing-masing menawarkan sesuatu yang berbeda dari yang lain.

Nova Launcher: Cek ke Play Store

Personalisasi yang terbaik. Ini dapat mengubah hampir setiap aspek pengalaman perangkat lunak ponsel.

Microsoft Launcher: Cek ke Play Store

Peluncur yang sangat bersih yang dengan cerdas mengatur aplikasi yang paling sering Anda gunakan dan orang yang sering dikunjungi agar mudah diakses. Ini juga menyediakan layar beranda khusus untuk pengingat / tugas, widget, dokumen, dan aplikasi.

Launcher Niagara – Cek ke Play Store

Prasyarat untuk peluncur Niagara serupa: kecepatan. Anda ingin membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan secepat mungkin. Tidak ada animasi atau transisi yang terlalu panjang. Tidak kelebihan beban dengan lapisan UI. Sebagai gantinya, Anda memilih hal-hal penting dan semuanya akan muncul di layar Beranda. Cepat, mulus dan mudah.

Launcher Action: Edisi Pixel: Cek ke Play Store

Seperti Nova Launcher, Action launcher memungkinkan Anda untuk menyesuaikan banyak elemen UI dalam perangkat lunak. Bagi mereka yang memiliki sedikit kesabaran, mungkin lebih menarik untuk mengatur ulang layar beranda Anda, karena ini dapat mengimpor tata letak aplikasi / layar beranda Anda yang ada alih-alih memaksanya untuk memulai ulang.

Masing-masing peluncur menawarkan kemampuan untuk menyesuaikan tampilan ikon dan ikon ponsel Anda, dan beberapa bahkan menambahkan gerakan khusus untuk meluncurkan fitur tertentu.

Mana yang terbaik tergantung sepenuhnya pada apa yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki kesabaran dan ingin mencoba beberapa peluncur yang berbeda, Anda bisa. Sebagian besar gratis untuk diunduh, beberapa memiliki versi “Prime” yang merupakan peningkatan berbayar tetapi mencakup lebih banyak fitur.

 

 

 

Sumber: pocket-lint.com

Periksa Juga

nothing launcher

Nothing Launcher – Memberi Rasa Dan Kesan Pertama Dari Nothing Phone 1

Smartphone Pertama Dari Nothing Segera Rilis Dengan Membawa Nothing Launcher nya TL; DR Tidak ada …