i.pcmag.com

8 Cara Mudah Mengatasi Layar Chromebook Blank Hitam

Advertisements

8 Cara Mudah Mengatasi Layar Chromebook Blank Hitam (2022)

layar chromebook blank hitam
i.ytimg.com

Chromebook Anda menyala, tetapi layar chromebook blank hitam. Ini mungkin karena masalah baterai atau pengisian daya, masalah perangkat keras, atau masalah dengan Chrome OS.

Berikut adalah beberapa solusi pemecahan masalah untuk membantu Anda mencegah layar Chromebook blank menjadi gelap saat di gunakan atau setelah memulai.

[1] Tingkatkan kecerahan layar

Chromebook Anda mungkin memiliki layar hitam karena Anda tidak sengaja menyetel kecerahan layar ke minimum. Jika Chromebook menyala tetapi layar tetap hitam, tekan dan tahan tombol Tingkatkan Kecerahan Layar hingga layar menyala.

Mulai ulang Chromebook Anda jika layar tetap hitam meskipun kecerahan meningkat.

[2] Hard Reboot Chromebook Anda

Restart paksa akan memperbarui sistem operasi Chromebook dan memperbaiki kesalahan sistem sementara yang menyebabkan masalah layar hitam.

Tekan dan tahan tombol daya selama 6-10 detik hingga lampu layar dan keypad mati.

Bergantung pada Chromebook, tombol daya terletak di samping Chromebook atau di suatu tempat di atas keyboard. Tunggu satu atau dua menit, lalu tekan tombol Daya lagi untuk memulai ulang Chromebook.

[3] Biarkan Chromebook menjadi dingin

Chromebook yang terlalu panas dapat menyebabkan masalah startup. Penggunaan perangkat dalam waktu lama atau di lingkungan yang panas dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. Jika bagian bawah Chromebook terlihat panas dari kejauhan, biarkan dingin selama sekitar 20-30 menit sebelum menyalakannya.

Jika Chromebook Anda akhirnya melampaui layar kosong, lihat tutorial kami tentang cara mencegah komputer Anda terlalu panas, untuk mencegah hal ini terjadi.

[4] Lepaskan sambungan perangkat USB eksternal

Masalah dengan perangkat eksternal yang tersambung ke Chromebook dapat memengaruhi proses pengaktifan dan menyebabkan masalah kinerja lainnya. Misalnya, jika Anda memiliki kartu SD yang rusak yang dicolokkan ke Chromebook, layar mungkin menjadi gelap, terutama saat Anda berada dalam Mode Pengembang di Chromebook.

Putuskan / putuskan sambungan perangkat atau aksesori eksternal (mouse, drive USB, keyboard, kartu SD, dll.) dan matikan Chromebook. Tunggu 1-2 menit, lalu hidupkan kembali.

[5] Biarkan baterai terkuras habis

Menguras baterai Chromebook juga dapat mengatasi masalah ini. Biarkan perangkat menyala (pada layar hitam) hingga baterai hampir habis. Kemudian isi daya Chromebook setidaknya selama 30 menit untuk memastikan boot melewati layar hitam.

[6] Isi daya Chromebook dengan benar

Chromebook mungkin macet di layar hitam jika baterai hampir habis atau terlalu lemah untuk memulai ChromeOS. Colokkan adaptor AC Chromebook ke stopkontak di dinding dan pastikan ujung lainnya dicolokkan dengan benar ke port pengisian daya Chromebook.

Satu hal lagi: pastikan steker / soketnya menyala. Jika Chromebook memiliki lampu pengisian daya, pastikan lampu menyala saat Anda mencolokkan pengisi daya. Isi daya Chromebook Anda setidaknya selama 30 menit, lalu nyalakan.

Pastikan Anda menggunakan pengisi daya yang disertakan dengan Chromebook. Pengisi daya palsu atau palsu mungkin tidak mengisi daya Chromebook Anda. Lebih buruk lagi, mereka dapat merusak baterai Chromebook, port pengisian daya, dan perangkat keras lainnya.

Periksa panduan pengguna / manual perangkat Anda atau kunjungi situs web produsen untuk instruksi dan persyaratan pengisian daya.

[7] Coba pengisi daya lain

Baterai Chromebook Anda mungkin tidak dapat mengisi daya jika Anda menggunakan pengisi daya yang rusak atau rusak. Untuk memverifikasi bahwa aksesori pengisian daya berfungsi dengan baik, coba isi daya Chromebook dengan pengisi daya yang berbeda.

Namun, pertama-tama pastikan pengisi daya kompatibel dengan perangkat. Periksa daya dan voltase dan pastikan memenuhi spesifikasi pengisian daya pabrikan. Seperti disebutkan di atas, aksesori pengisian daya palsu, tidak standar, dan tidak kompatibel dapat merusak Chromebook Anda.

Jika pengisi daya berfungsi di perangkat lain tetapi tidak dapat mengisi daya Anda, mungkin ada masalah dengan port pengisian daya, hard drive, atau motherboard Chromebook. Dalam hal ini, mungkin berguna untuk mengatur ulang perangkat keras.

[8] Setel ulang perangkat keras Chromebook

Masalah perangkat keras Chromebook dapat menyebabkan perangkat Anda macet di “layar hitam kematian”. Untungnya, Google menawarkan opsi untuk memperbarui komponen perangkat keras yang rusak atau tidak berfungsi. Prosesnya disebut “Hard Reset”.

Catatan: Google merekomendasikan untuk menyetel ulang perangkat keras sebagai upaya terakhir saat memecahkan masalah Chromebook Anda. Ini karena proses tersebut dapat menghapus beberapa file di folder “Unduhan” di Chromebook.

  • Matikan Chromebook Anda dan tunggu sebentar hingga benar-benar mati.
  • Tekan dan tahan Perbarui, lalu ketuk Daya.
  • Tekan dan tahan tombol Perbarui hingga Chrome OS dimulai. Lepaskan tombol Segarkan saat layar atau keyboard Chromebook menyala.

Jika Chromebook Anda adalah tablet dengan keyboard yang dapat dilepas atau perangkat 2-in-1, tekan dan tahan Volume Naik dan Daya secara bersamaan selama minimal 10 detik.

Ada cara lain untuk menyetel ulang perangkat keras Chromebook, yang biasanya berbeda menurut merek perangkat. Beberapa Chromebook memiliki tombol (setel ulang) khusus yang memungkinkan Anda menyetel ulang perangkat keras perangkat. Pada beberapa perangkat, Anda perlu memasukkan klip kertas ke lubang reset yang sesuai, lalu tekan tombol daya.

Beberapa Chromebook dengan baterai yang dapat dilepas dapat disetel ulang dengan melepas dan mengganti baterai. Untuk menyetel ulang Chromebook yang tidak menggunakan baterai, cabut dan sambungkan kembali kabel daya, lalu hidupkan.

Lihat tutorial Bantuan Chromebook ini untuk langkah-langkah khusus perangkat untuk menyetel ulang perangkat keras Chromebook Anda.

Hidupkan Kembali layar Chromebook Anda

Layar Chromebook Anda mungkin rusak jika tidak ada kiat pemecahan masalah yang memperbaiki masalah. Agar aman, sambungkan Chromebook ke monitor eksternal. Jika Anda dapat mengakses Chrome OS di monitor eksternal, tetapi layar bawaan Chromebook tetap hitam, kunjungi bengkel komputer di dekat Anda dan periksa apakah layarnya rusak.

Hard drive yang rusak juga bisa menjadi penyebab masalah layar hitam. Hard drive Chromebook Anda mungkin perlu diganti jika menyala tetapi gagal memuat Chrome OS. Namun, sebelum melakukan ini, coba setel ulang Chromebook Anda dengan drive pemulihan (yang akan menghapus aplikasi dan setelan Anda). Hubungi produsen perangkat untuk dukungan lebih lanjut dan opsi pemecahan masalah. Kami dapat memperbaiki Chromebook Anda secara gratis jika masih dalam garansi atau jika masalah layar hitam disebabkan oleh cacat pabrik/produksi.

 

 

 

Sumber: helpdeskgeek.com

Periksa Juga

tips webcam terbaik 2022

Top 10 Tips Webcam Terbaik Untuk Video Call Atau Streaming (2022)

Tingkatkan Pengalaman Panggilan Video Dan Streaming Anda Dengan 10 Tips Webcam Terbaik Ini 10 tips …