7 Trik Jitu untuk Mengambil Screenshot di Macbook

Advertisements
Advertisements

Anda memiliki Macbook dan seringkali mengalami kesulitan saat ingin mengambil screenshot? Tenang, dalam artikel ini kami akan memberikan Anda 7 trik jitu untuk mengambil screenshot di Macbook. Dengan trik-trik yang akan kami bagikan, Anda akan semakin mahir dan efisien dalam mengabadikan layar Macbook Anda. Siap untuk mengambil screenshot dengan mudah dan praktis? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

7 Trik Jitu untuk Mengambil Screenshot di Macbook

Cara Screenshot Di Macbook

Macbook menyediakan beberapa cara yang mudah dan praktis untuk mengambil screenshot, baik itu menggunakan keyboard shortcut, aplikasi Preview, maupun fitur Screenshot Toolbar. Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan:

Menggunakan Keyboard Shortcut

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Macbook adalah dengan menggunakan keyboard shortcut. Caranya sangat sederhana, cukup tekan tombol Shift + Command + 3 secara bersamaan, maka tangkapan layar akan langsung disimpan di desktop Anda. Metode ini sangat efisien karena hanya membutuhkan beberapa detik untuk mengambil screenshot tanpa perlu membuka aplikasi tambahan.

Menggunakan Preview App

Metode kedua adalah menggunakan aplikasi Preview yang sudah ada di Macbook Anda. Anda dapat membuka aplikasi Preview melalui Launchpad atau menggunakan fitur pencarian Spotlight di pojok kanan atas layar Anda. Setelah aplikasi terbuka, klik pada menu File di bagian atas layar, kemudian pilih pilihan “Tangkap” dari menu dropdown.

Dalam menu tangkapan layar, Anda akan melihat beberapa opsi, termasuk “Tangkap Layar Penuh”, “Tangkap Layar Terpilih”, dan “Tangkap Jendela”. Pilih jenis tangkapan layar yang Anda inginkan dan aplikasi Preview akan secara otomatis mengambil screenshot dan menampilkannya di jendela baru. Anda dapat mengedit dan menyimpan tangkapan layar dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Menggunakan Screenshot Toolbar

Bagi pengguna Macbook dengan MacOS Mojave atau versi yang lebih baru, Anda dapat menggunakan fitur Screenshot Toolbar yang lebih canggih dan lengkap. Untuk mengakses Screenshot Toolbar, cukup tekan tombol Shift + Command + 5 secara bersamaan. Secara otomatis, toolbar akan muncul di bagian bawah layar Anda.

Di dalam toolbar ini, Anda akan menemukan berbagai opsi untuk mengambil screenshot, termasuk “Tangkap Layar Penuh”, “Tangkap Jendela”, “Tangkap Area Terpilih”, “Tangkap Jendela Semua”, dan “Rekam Layar”. Anda juga dapat mengatur pengaturan tambahan, seperti menentukan tempat penyimpanan tangkapan layar, mengganti format file, menambahkan penundaan, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Screenshot Toolbar, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda perlu mengambil screenshot dengan lebih banyak pilihan dan pengaturan yang dapat disesuaikan.

Demikianlah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Macbook. Baik itu melalui keyboard shortcut, aplikasi Preview, maupun fitur Screenshot Toolbar, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengambil tangkapan layar sesuai kebutuhan Anda. Pilihlah metode yang paling cocok dan praktis untuk Anda gunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Cara Mengedit Screenshot di Macbook

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Macbook, langkah selanjutnya adalah mengeditnya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengedit screenshot di Macbook:

Menggunakan App Bawaan

Macbook dilengkapi dengan aplikasi bawaan bernama “Preview” yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengeditan screenshot dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi “Preview” di Macbook Anda.
  2. Pilih “File” di menu bar atas, dan pilih “Open” untuk membuka gambar screenshot Anda yang ingin diedit.
  3. Setelah gambar terbuka, Anda dapat melihat berbagai fitur pengeditan di toolbar atas. Misalnya, Anda dapat menyorot area tertentu dengan menggunakan fitur “Highlight”, memotong bagian yang tidak diinginkan dengan menggunakan fitur “Crop”, atau menambahkan teks dengan menggunakan fitur “Text”.
  4. Jika sudah selesai mengedit, Anda dapat menyimpan gambar hasil editan dengan memilih “File” di menu bar atas, dan kemudian pilih “Save” atau “Save As”.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan aplikasi bawaan, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengedit screenshot di Macbook. Aplikasi seperti Skitch atau Snagit menawarkan fitur pengeditan yang lebih lengkap dan canggih. Berikut adalah langkah-langkahnya menggunakan aplikasi Skitch:

  1. Download dan instal aplikasi Skitch dari situs resmi atau App Store.
  2. Buka aplikasi Skitch di Macbook Anda.
  3. Pilih “File” di menu bar atas, dan pilih “Open” untuk membuka gambar screenshot Anda yang ingin diedit.
  4. Sama seperti menggunakan Preview, Anda dapat menggunakan berbagai fitur pengeditan yang ada, seperti menyorot, memotong, atau menambahkan teks.
  5. Jika sudah selesai mengedit, Anda dapat menyimpan gambar dengan memilih “File” di menu bar atas, dan kemudian pilih “Save” atau “Save As”.

Menggunakan Aplikasi Screenshot Editor Online

Bagi Anda yang tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi screenshot editor online seperti Lightshot atau Kap. Berikut ini adalah langkah-langkahnya menggunakan Lightshot:

  1. Buka Lightshot di browser Anda.
  2. Pilih opsi untuk mengunggah screenshot dari komputer Anda.
  3. Tunggu hingga gambar terunggah ke aplikasi Lightshot.
  4. Setelah itu, Anda dapat menggunakan berbagai fitur pengeditan yang tersedia, seperti menyorot, membubuhi tanda panah atau teks, atau memotong bagian tertentu.
  5. Jika sudah selesai mengedit, Anda dapat menyimpan gambar dengan memilih opsi “Save” atau “Download”.

Dengan beberapa cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengedit screenshot di Macbook sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap aplikasi memiliki fitur pengeditan yang berbeda, jadi Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Selamat mengedit screenshot!

Cara Menyimpan Screenshot di Macbook

Apakah Anda tahu bagaimana cara menyimpan tangkapan layar di Macbook? Jika belum, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menyimpan screenshot di Macbook Anda dengan cara yang berbeda. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan, termasuk menyimpan tangkapan layar di desktop, membuat folder khusus, atau bahkan menggunakan aplikasi penyimpanan cloud. Mari kita bahas satu per satu untuk memahami langkah-langkahnya dengan lebih baik.

Simpan di Desktop

Secara default, Macbook akan menyimpan tangkapan layar di desktop. Ini adalah metode yang sederhana dan mudah karena setiap kali Anda mengambil screenshot, itu akan langsung tersedia di desktop Anda. Anda dapat dengan cepat mengaksesnya dan menggunakannya sesuai kebutuhan Anda. Namun, jika Anda ingin mengubah lokasi penyimpanan default, ikuti langkah-langkah ini:

1. Klik ikon “Apple” di pojok kiri atas layar Anda.

2. Pilih “Preferensi Sistem” untuk membuka panel pengaturan.

3. Temukan dan klik opsi “Keyboard”.

4. Masuk ke tab “Shortcuts”.

5. Pilih “Screen Shots” di panel sebelah kiri.

6. Klik pada kolom “Save to” dan pilih folder sebagai lokasi tujuan yang Anda inginkan.

7. Setelah Anda mengubah pengaturan, tangkapan layar selanjutnya akan disimpan di folder yang Anda pilih sebagai folder tujuan.

Simpan di Folder Khusus

Jika Anda ingin membuat folder khusus untuk menyimpan tangkapan layar di Macbook Anda, tidak ada yang lebih mudah daripada itu. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka “Finder” di toolbar Anda.

2. Pilih “File” dan buatlah folder baru dengan nama yang Anda inginkan.

3. Setelah folder baru dibuat, buka pengaturan “Screenshot” dengan langkah-langkah yang sama seperti pada subbagian sebelumnya.

4. Pada opsi “Save to”, arahkan ke folder baru yang dibuat tadi sebagai lokasi penyimpanan tangkapan layar.

5. Sekarang, setiap kali Anda mengambil screenshot, itu akan secara otomatis tersimpan di folder khusus yang Anda tentukan. Ini akan membantu Anda menjaga desktop Anda tetap rapi dan terorganisir.

Simpan di Aplikasi Penyimpanan Cloud

Mungkin Anda ingin menyimpan tangkapan layar Anda di tempat yang terjangkau secara online dan dapat diakses dari mana saja. Nah, ada solusi untuk itu juga! Anda dapat menggunakan aplikasi penyimpanan cloud, seperti Dropbox atau Google Drive, untuk menyimpan tangkapan layar Anda.

1. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi penyimpanan cloud yang Anda pilih di Macbook Anda.

2. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, buka aplikasi penyimpanan cloud yang terinstal di perangkat Anda.

3. Unggah tangkapan layar ke aplikasi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah pada aplikasi yang Anda gunakan. Biasanya, Anda hanya perlu mengklik tombol “Unggah” dan pilih file yang ingin Anda unggah.

4. Setelah berhasil diunggah, tangkapan layar akan tersedia secara online dan dapat diakses dari perangkat lain yang Anda gunakan. Anda hanya perlu masuk ke akun penyimpanan cloud Anda untuk mengaksesnya.

Setiap aplikasi penyimpanan cloud memiliki tampilan dan opsi unggah yang sedikit berbeda, tetapi prinsipnya sama. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi yang Anda gunakan.

Jadi, itu dia beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan tangkapan layar di Macbook. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah itu menyimpan di desktop, membuat folder khusus, atau menggunakan aplikasi penyimpanan cloud. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menggunakan Macbook dengan lebih efisien dan produktif!

Check Also

Trik Jitu Cara Kredit Handphone di Akulaku yang Mudah dan Menguntungkan

Apakah Anda ingin memiliki handphone terbaru namun terkendala dengan biaya yang tinggi? Jangan khawatir, karena …