Trik Mudah Menghubungkan Mendeley dengan Word dalam Beberapa Langkah Sederhana

Advertisements
Advertisements

Apakah Anda sering kesulitan mengatur referensi dan daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah? Jika jawabannya Ya, maka Anda berada pada tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan membagikan trik mudah untuk menghubungkan Mendeley dengan Word dalam beberapa langkah sederhana. Dengan memanfaatkan aplikasi Mendeley dan Word, Anda dapat dengan mudah mengelola referensi dan menyisipkannya ke dalam teks penelitian Anda. Tak perlu repot lagi mencari dan menyalin referensi satu per satu, karena kini semua bisa dilakukan secara otomatis. Penasaran? Mari kita simak langkah-langkahnya!

$title$

Cara Menghubungkan Mendeley ke Word

Untuk dapat menghubungkan Mendeley dengan Word, ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Langkah-langkah tersebut meliputi instalasi Mendeley di komputer, instalasi plugin Mendeley di Microsoft Word, dan pengaturan penghubungan antara Mendeley dan Word.

Instalasi Mendeley di Komputer

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal Mendeley di komputer. Anda dapat mengunduh installer Mendeley dari situs resminya dan menjalankannya sesuai dengan petunjuk instalasi yang muncul di layar. Setelah proses instalasi selesai, Anda perlu membuka aplikasi Mendeley dan mendaftarkan akun Anda.

Instalasi Plugin Mendeley di Microsoft Word

Setelah menginstal Mendeley di komputer, langkah selanjutnya adalah menginstal plugin Mendeley di Microsoft Word. Untuk melakukannya, buka Microsoft Word dan pilih opsi “Tambahkan-Ins” dari menu utama. Kemudian, cari dan instal plugin Mendeley untuk Word. Setelah proses instalasi selesai, restart Word untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Menghubungkan Mendeley dengan Word

Setelah menginstal plugin Mendeley di Word, Anda dapat melakukan penghubungan antara Mendeley dan Word. Untuk melakukannya, buka kembali Word dan klik tab “Referensi” di menu utama. Pada tab ini, Anda akan menemukan opsi “Go to Mendeley” yang dapat Anda pilih untuk membuka tampilan Mendeley di Word. Saat pertama kali mengakses tampilan Mendeley di Word, Anda perlu melakukan login dengan menggunakan akun Mendeley Anda.

Saat Anda sudah berhasil memasuki tampilan Mendeley di Word, Anda akan memiliki akses penuh ke berbagai fitur dan fungsi yang disediakan oleh Mendeley. Anda dapat melihat dan mengorganisir referensi Anda, menyusun daftar pustaka, dan mengutip referensi dalam tulisan Anda dengan mudah.

Praktisnya, dengan adanya penghubungan antara Mendeley dan Word, Anda dapat dengan cepat menyisipkan kutipan dan daftar pustaka berdasarkan referensi yang telah Anda tambahkan ke Mendeley. Anda juga dapat dengan mudah mengelola dan mengatur referensi Anda tanpa perlu keluar dari Word. Hal ini akan sangat membantu dalam proses penulisan artikel, makalah, atau tesis Anda.

Dengan demikian, menghubungkan Mendeley ke Word akan memberikan kemudahan dan efisiensi dalam mengelola referensi dan menyusun daftar pustaka dalam tulisan Anda. Selain itu, penghubungan ini juga memastikan bahwa kutipan yang digunakan dalam tulisan Anda akurat dan dapat diverifikasi dengan mudah.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan langkah-langkah untuk menghubungkan Mendeley ke Word. Mulai dari instalasi Mendeley di komputer, instalasi plugin Mendeley di Word, hingga pengaturan penghubungan antara Mendeley dan Word. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghubungkan Mendeley dengan Word dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan untuk mempermudah proses penulisan dan pengelolaan referensi.

Cara Menyisipkan Kutipan menggunakan Mendeley

Saat menulis sebuah artikel akademik atau tugas, sangat penting bagi penulis untuk menyisipkan kutipan yang tepat dari sumber-sumber referensi yang digunakan. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan Mendeley, sebuah perangkat lunak manajemen referensi yang sangat berguna dan efisien.

Memilih Sumber Referensi

Langkah pertama dalam menyisipkan kutipan menggunakan Mendeley adalah dengan memilih sumber referensi yang ingin Anda kutip. Buka Mendeley dan cari referensi yang sesuai dengan topik atau subtopik yang sedang Anda tulis. Anda bisa menggunakan fitur pencarian di Mendeley untuk memudahkan menemukan referensi yang Anda butuhkan.

Kemudian, saat Anda telah menemukan referensi yang tepat, klik kanan pada referensi tersebut. Akan muncul beberapa opsi, dan salah satu opsi yang perlu Anda pilih adalah “Copy As”. Setelah memilih “Copy As”, Anda akan melihat beberapa format kutipan yang tersedia, seperti APA, MLA, atau Chicago. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menyisipkan Kutipan ke Dokumen Word

Setelah Anda berhasil memilih sumber referensi dan format kutipan, saatnya untuk menyisipkan kutipan ke dokumen Word yang sedang Anda tulis. Kembali ke dokumen Word dan arahkan kursor ke tempat di mana Anda ingin menyisipkan kutipan.

Dalam tampilan Mendeley, Anda akan melihat sebuah tombol yang bertuliskan “Insert Citation”. Klik tombol ini, dan akan muncul daftar referensi yang tersedia di Mendeley. Pilih referensi yang ingin Anda kutip dengan mengkliknya, lalu tekan tombol “Enter” di keyboard untuk menyisipkan kutipan.

Memformat Daftar Referensi

Setelah Anda selesai menyisipkan kutipan ke dokumen Word, sangat penting untuk memformat daftar referensi. Daftar referensi akan berisi semua kutipan yang telah Anda sisipkan, dan akan otomatis terbuat berdasarkan format kutipan yang Anda gunakan.

Dalam tampilan Mendeley, Anda akan melihat tombol bertuliskan “Bibliography”. Klik tombol ini untuk memformat daftar referensi. Dalam menu dropdown, Anda dapat memilih format daftar referensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti APA atau MLA. Secara otomatis, daftar referensi akan terbuat berdasarkan kutipan yang telah Anda sisipkan, mengikuti format yang Anda pilih.

Ini adalah cara menghubungkan Mendeley ke Word dan menyisipkan kutipan dengan mudah. Dengan menggunakan Mendeley, Anda bisa menghemat waktu dan usaha dalam menyusun referensi dan kutipan untuk artikel atau tugas Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Cara Mengedit dan Mengatur Daftar Referensi di Word

Setelah Anda menghubungkan Mendeley ke Word, Anda dapat mengedit dan mengatur daftar referensi dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan kedua hal tersebut:

Mengedit Kutipan

Langkah pertama dalam mengedit kutipan adalah dengan mengklik pada kutipan yang telah Anda sisipkan di dokumen Word. Setelah itu, pilih opsi “Edit Citation” yang terletak di tampilan Mendeley. Dalam tampilan ini, Anda akan melihat kutipan yang dipilih serta informasi terkait.

Untuk mengedit kutipan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Menambahkan informasi tambahan: Jika Anda perlu menambahkan informasi tambahan ke dalam kutipan, Anda dapat melakukannya di tampilan “Edit Citation”. Pilih kutipan yang ingin Anda tambahkan informasi tambahan lalu ketikkan informasi tersebut di kolom yang tersedia.
  2. Mengganti kutipan: Jika Anda perlu mengganti kutipan dengan kutipan yang lain, caranya juga sangat mudah. Pilih kutipan yang ingin Anda ganti dan klik tombol “Replace” di tampilan “Edit Citation”. Setelah itu, pilih kutipan yang baru dari daftar kutipan yang tersedia di Mendeley.

Setelah Anda selesai mengedit kutipan, klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan tersebut. Kutipan di dokumen Word akan otomatis diperbarui sesuai dengan pengeditan yang Anda lakukan

Mengatur Gaya dan Format Daftar Referensi

Jika Anda ingin mengubah format atau gaya daftar referensi yang ditampilkan di dokumen Word, Anda dapat melakukannya melalui tampilan Mendeley. Untuk mengatur format daftar referensi secara keseluruhan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol “Bibliography” di tampilan Mendeley.
  2. Pilih opsi “Set Document Preferences” untuk membuka jendela pengaturan format daftar referensi.

Dalam jendela ini, Anda akan melihat beberapa opsi yang dapat Anda atur, antara lain:

  1. Tipe gaya kutipan: Anda dapat memilih tipe gaya kutipan yang diinginkan, misalnya APA, MLA, atau Chicago.
  2. Tipe daftar referensi: Anda dapat memilih apakah ingin menggunakan daftar referensi berbentuk footnote, endnote, atau dalam bentuk yang lain.
  3. Tata letak daftar referensi: Anda dapat mengatur tata letak daftar referensi, seperti jarak antar baris, rentang indentasi, dan penomoran.

Setelah Anda mengatur preferensi sesuai dengan keinginan Anda, klik tombol “OK” untuk menerapkan perubahan tersebut. Daftar referensi di dokumen Word akan otomatis diperbarui sesuai dengan pengaturan yang Anda atur di Mendeley.

Menghapus Kutipan dan Daftar Referensi

Jika Anda perlu menghapus kutipan atau daftar referensi yang telah Anda sisipkan di dokumen Word, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus kutipan atau daftar referensi:

  1. Sorot kutipan atau daftar referensi yang ingin Anda hapus di dokumen Word.
  2. Tekan tombol “Delete” pada keyboard untuk menghapus kutipan atau daftar referensi yang dipilih.

Pastikan untuk memeriksa dokumen Anda secara keseluruhan setelah menghapus kutipan atau daftar referensi, untuk memastikan bahwa tidak ada bagian yang kurang lengkap atau terdapat kesalahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengedit dan mengatur daftar referensi di Word menggunakan Mendeley. Proses ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas dan efisiensi penulisan Anda.

Check Also

Trik Jitu Cara Kredit Handphone di Akulaku yang Mudah dan Menguntungkan

Apakah Anda ingin memiliki handphone terbaru namun terkendala dengan biaya yang tinggi? Jangan khawatir, karena …