Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Baking Soda

Advertisements
Advertisements

Tidak ada yang lebih mengganggu ketika sedang menikmati makanan yang lezat daripada merasakan rasa tidak enak dari karang gigi yang menempel pada gigi-gigi kamu. Karang gigi merupakan lapisan mineral yang terbentuk karena penumpukan plak gigi yang tidak dibersihkan dengan baik. Meskipun menggosok gigi setiap hari dapat membantu mengurangi karang gigi, tetapi terkadang masih sulit untuk menghilangkannya sepenuhnya. Namun, ada satu trik ampuh yang bisa kamu coba, yaitu dengan menggunakan baking soda! Inilah cara yang efektif dan alami untuk menghilangkan karang gigi secara menyeluruh, tanpa perlu biaya mahal atau mengunjungi dokter gigi. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai!

$title$

Karang Gigi dan Bahayanya

Penumpukan Karang Gigi

Karang gigi terbentuk akibat penumpukan plak pada gigi yang tidak dibersihkan dengan baik. Plak sendiri merupakan lapisan lengket yang terbentuk oleh sisa makanan, bakteri, dan saliva di mulut. Apabila tidak dibersihkan secara rutin, plak akan mengeras dan menjadi karang gigi.

Plak terbentuk ketika bakteri yang ada di mulut memfermentasikan sisa makanan yang tertinggal dan membentuk asam. Asam ini kemudian menyebabkan gigi terkorosi dan gigi berlubang. Jika plak tidak dihilangkan, lapisan ini akan terus tumbuh dan mengeras menjadi karang gigi.

Karang gigi terbentuk terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, seperti di belakang gigi depan bawah dan di sekitar gigi geraham. Karang gigi juga seringkali terbentuk di sepanjang garis gusi dan di daerah permukaan gigi yang memiliki kekasaran, misalnya akibat penumpukan terlalu banyak kalsium dalam ludah.

Dalam banyak kasus, penumpukan karang gigi tidak terlihat dengan jelas, karena tersembunyi di balik gusi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi, yang akan memeriksa penumpukan karang gigi dengan menggunakan instrumen dan melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Bahaya Karang Gigi

Karang gigi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan mulut yang serius. Pertama-tama, penumpukan karang gigi dapat membuat gigi menjadi sensitif. Ketika karang gigi menumpuk, ia dapat menyebabkan pertumbuhan mikroskopik di bawah gusi yang menyebabkan sensitivitas gigi terhadap makanan dan minuman yang panas, dingin, atau manis.

Selain gigi sensitif, karang gigi juga dapat menyebabkan radang gusi atau periodontitis. Ketika karang gigi menumpuk di sekitar garis gusi, ia mengiritasi jaringan gusi dan menyebabkan peradangan. Hal ini dapat menyebabkan gusi membengkak, merah, dan berdarah. Jika tidak diobati, periodontitis dapat berkembang menjadi infeksi yang lebih serius dan menyebabkan pula gigi tanggal.

Bakteri yang berkembang biak di sekitar karang gigi juga dapat menyebabkan infeksi mulut. Infeksi ini dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan bau mulut yang tidak sedap. Jika infeksi tersebut menyebar ke dalam saluran akar gigi, hal itu dapat menyebabkan radang akar gigi yang memerlukan perawatan intensif seperti perawatan saluran akar atau pencabutan gigi.

Pentingnya Menghilangkan Karang Gigi

Menghilangkan karang gigi secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan menghilangkan karang gigi, Anda dapat mencegah masalah kesehatan mulut yang serius dan menjaga gigi tetap kuat dan sehat.

Secara rutin membersihkan karang gigi dapat mengurangi risiko gigi sensitif, radang gusi, dan gigi tanggal. Selain itu, karang gigi yang dihilangkan juga mengurangi risiko infeksi mulut dan mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi, salah satunya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda dapat digunakan sebagai alternatif pasta gigi yang dapat membantu kulit mati pada gigi, menghilangkan noda, dan melawan bakteri penyebab penyakit mulut. Baking soda bekerja dengan cara mengikat molekul yang memberikan rasa dan bau tidak sedap serta menghilangkan mereka dari mulut.

Untuk menghilangkan karang gigi dengan baking soda, campurkan setengah sendok teh baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Gosokkan pasta tersebut ke gigi Anda selama dua menit dan berkumurlah dengan air hangat. Lakukan metode ini sekali atau dua kali seminggu sebagai tambahan rutinitas perawatan gigi anda.

Di samping penggunaan baking soda, menjaga kebersihan dan kebersihan gigi yang baik adalah langkah penting lainnya untuk mencegah karang gigi. Sikat gigi dua kali sehari selama dua menit dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, gunakan benang gigi setidaknya sekali sehari, dan hindari makanan dan minuman yang tinggi gula yang dapat menyebabkan pembentukan plak. Selain itu, penting untuk menjalani pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi yang tidak terlihat dan mengidentifikasi masalah gigi lainnya sejak dini.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Baking Soda

Baking Soda sebagai Pembersih Alami

Baking soda merupakan bahan alami yang memiliki kemampuan membersihkan dan menghilangkan noda pada permukaan gigi. Baking soda juga dapat membantu menghilangkan karang gigi dengan efektif. Baking soda bekerja sebagai agen abrasif ringan yang dapat membantu menggesek karang gigi dan noda dari permukaan gigi.

Sebagai alkali, baking soda bersifat basa dan dapat membantu menetralkan keasaman dalam mulut. Keasaman di mulut bisa menjadi penyebab utama terbentuknya karang gigi. Dengan mengurangi keasaman, baking soda membantu mencegah pembentukan karang gigi yang lebih lanjut.

Persiapan dan Penggunaan Baking Soda

Untuk menggunakan baking soda sebagai pembersih karang gigi, Anda perlu membuat pasta dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air. Pastikan Anda menggunakan baking soda yang sudah dalam bentuk bubuk dan bukan baking powder yang mengandung bahan tambahan lainnya.

Langkah pertama adalah mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan beberapa tetes air di dalam mangkuk kecil. Aduk rata hingga membentuk pasta yang kental. Jika terlalu kering, tambahkan sedikit air. Namun, jika terlalu encer, tambahkan baking soda sedikit demi sedikit hingga konsistensinya tepat.

Setelah Anda memiliki pasta baking soda yang tepat, aplikasikan pasta tersebut pada sikat gigi. Sikat gigi Anda dengan lembut dalam gerakan melingkar selama 2-3 menit. Jangan terlalu keras menyikat gigi karena bisa mengikis enamel gigi dan merusak gusi. Pastikan seluruh permukaan gigi terkena pasta baking soda.

Setelah proses menggosok gigi selesai, berkumurlah dengan air bersih untuk membersihkan sisa pasta baking soda yang tertinggal di mulut.

Peringatan dan Efek Samping

Meskipun baking soda aman digunakan untuk menghilangkan karang gigi, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Jangan menggunakan baking soda terlalu sering karena dapat mengikis enamel gigi. Gunakan baking soda secara teratur, tetapi tidak lebih dari sekali seminggu.

Jika Anda mengalami iritasi pada gusi atau rasa tidak nyaman setelah menggunakan baking soda, hentikan penggunaannya dan berkonsultasilah dengan dokter gigi. Iritasi bisa terjadi karena reaksi alergi atau sensitivitas gigi terhadap baking soda.

Untuk menghindari potensi iritasi, Anda juga bisa mencampur baking soda dengan sedikit pasta gigi biasa yang mengandung fluoride. Fluoride dapat membantu melindungi enamel gigi dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Dalam beberapa kasus, penggunaan baking soda untuk menghilangkan karang gigi mungkin tidak memberikan hasil yang instan. Karang gigi yang sudah mengeras mungkin membutuhkan perawatan lebih lanjut dari dokter gigi untuk menghilangkannya sepenuhnya.

Jika Anda memiliki riwayat sensitivitas gigi atau masalah gigi yang lebih serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi sebelum menggunakan baking soda sebagai pembersih karang gigi. Dokter gigi dapat memberikan saran terbaik dan menyesuaikan perawatan sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Check Also

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Indosat

Dalam era digital seperti sekarang ini, kuota internet menjadi salah satu bahan pokok yang sangat …