Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh

Advertisements
Advertisements

Tak ada yang lebih menjengkelkan daripada memiliki layar HP yang tidak bisa disentuh. Apa yang seharusnya menjadi alat yang menghubungkan kita dengan dunia digital, tiba-tiba menjadi tidak berguna. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan tips-tips ampuh untuk mengatasi masalah tersebut dan kembali menikmati pengalaman menggunakan HP dengan layar yang normal kembali.

Tips Ampuh Mengatasi Layar Hp yang Tak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh

Jika Anda mengalami masalah layar hp yang tidak bisa disentuh, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya. Beberapa masalah umum yang mungkin menyebabkan layar tidak bisa disentuh adalah layar tertutup oleh kotoran atau minyak, kesalahan perangkat lunak, atau masalah keras lainnya. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengatasi masalah ini.

Pastikan Layar Tidak Tertutup Kotoran atau Minyak

Salah satu alasan umum mengapa layar hp tidak bisa disentuh adalah karena layar tertutup oleh kotoran atau minyak. Kotoran dan minyak dapat mengganggu responsivitas layar sentuh, sehingga menyebabkan masalah ini terjadi. Untuk mengatasinya, pastikan Anda membersihkan layar dengan kain yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang keras.

Langkah-langkah untuk membersihkan layar hp yang benar:

  1. Matikan hp Anda dan cabut kabel pengisi daya.
  2. Bersihkan layar dengan kain lembut yang tidak berbulu atau kain mikrofiber. Jangan menggunakan tisu atau kain kasar yang dapat menggores layar.
  3. Jika ada noda yang tidak hilang, teteskan sedikit air pada kain dan bersihkan lagi secara lembut.
  4. Keringkan layar dengan kain yang bersih dan kering sebelum menghidupkan kembali hp Anda.

Membersihkan layar secara teratur dan menjaga kebersihannya dapat mencegah masalah ketidakresponsifan layar di masa mendatang.

Restart Perangkat

Jika membersihkan layar tidak berhasil, coba restart perangkat Anda. Terkadang, masalah pada layar hp hanya bersifat sementara dan dapat diselesaikan dengan me-restart perangkat.

Langkah-langkah untuk merestart perangkat hp:

  1. Tekan dan tahan tombol daya selama beberapa detik sampai menu pop-up muncul.
  2. Pilih opsi “Restart” atau “Matikan” jika hanya ada opsi itu.
  3. Jika Anda memilih “Matikan”, nyalakan kembali hp setelah beberapa saat.

Setelah perangkat hp Anda di-restart, periksa apakah masalah layar tidak bisa disentuh sudah teratasi. Jika masih belum berfungsi, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Periksa Pengaturan Layar Sentuh

Saat layar hp tidak bisa disentuh, coba periksa pengaturan layar sentuh di perangkat Anda. Pastikan opsi layar sentuh atau touchscreen sudah diaktifkan dan tidak dalam mode nonaktif.

Langkah-langkah untuk memeriksa pengaturan layar sentuh:

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Sistem” atau “Pengaturan Umum”.
  3. Ketuk opsi tersebut dan cari opsi “Layar” atau “Layar dan Kecerahan”.
  4. Periksa apakah opsi “Layar Sentuh” atau “Touchscreen” sudah diaktifkan.
  5. Jika opsi ini sudah diaktifkan, coba matikan dan hidupkan kembali layar hp Anda.

Setelah memeriksa dan mengubah pengaturan layar sentuh, periksa apakah masalah layar tidak bisa disentuh sudah teratasi. Jika masih belum berfungsi, ada kemungkinan masalah yang lebih serius dan Anda perlu mencari bantuan teknis tambahan.

Dalam artikel ini, kami telah mencoba memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengatasi masalah layar hp yang tidak bisa disentuh. Mulai dari membersihkan layar dari kotoran atau minyak, merestart perangkat hp, hingga memeriksa pengaturan layar sentuh. Harapannya, salah satu dari langkah-langkah ini dapat memperbaiki masalah yang Anda alami dan membuat layar hp Anda kembali berfungsi seperti sedia kala.

Gunakan Metode Reset

Untuk mengatasi layar hp yang tidak bisa disentuh, Anda dapat mencoba menggunakan metode reset. Terdapat dua jenis reset yang dapat Anda lakukan, yaitu reset soft dan reset hard.

Reset Soft

Jika Anda sudah mencoba memeriksa pengaturan dan melakukan restart namun masih mengalami masalah, Anda dapat mencoba metode reset soft. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik hingga perangkat Anda restart.

Dengan melakukan reset soft, beberapa masalah pada sistem perangkat Anda dapat teratasi. Metode ini sama seperti mematikan dan menyalakan kembali perangkat Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa metode ini tidak akan menghapus data atau aplikasi apa pun yang ada di dalam perangkat Anda.

Reset Hard

Jika metode reset soft tidak berhasil memperbaiki masalah layar hp yang tidak bisa disentuh, Anda dapat mencoba metode reset hard. Caranya adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul menu pilihan.

Setelah menu pilihan muncul, Anda dapat memilih opsi reset atau wipe data untuk mengembalikan perangkat ke pengaturan awal. Pastikan Anda telah membackup data penting sebelum melakukan reset hard, karena metode ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di dalam perangkat Anda.

Reset hard juga dapat membantu mengatasi masalah software yang mungkin menyebabkan layar hp tidak bisa disentuh. Metode ini akan mengembalikan perangkat Anda ke kondisi awal seperti saat baru dibeli, sehingga dapat memperbaiki beberapa masalah yang sulit diatasi dengan cara lain.

Periksa Konektivitas Hardware

Jika setelah melakukan reset masalah layar hp tidak bisa disentuh masih berlanjut, Anda perlu menguji konektivitas hardware pada perangkat Anda. Periksa apakah ada kabel fleksibel yang rusak atau tidak terhubung dengan baik.

Anda dapat membuka casing perangkat Anda jika diperlukan untuk memeriksa kabel fleksibel. Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman, sangat disarankan untuk membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi untuk diperiksa lebih lanjut oleh teknisi yang berpengalaman.

Masalah konektivitas hardware dapat menyebabkan layar hp tidak bisa disentuh. Hal ini bisa disebabkan oleh kabel fleksibel yang terlepas, rusak, atau terputus. Dalam beberapa kasus, penggantian atau penanganan teknis mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Hindari Aplikasi atau Perangkat Lunak yang Tidak Kompatibel

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan layar hp Anda tidak bisa disentuh adalah adanya aplikasi atau perangkat lunak yang tidak kompatibel dengan sistem operasi. Dalam beberapa kasus, terdapat konflik antara aplikasi dan sistem operasi yang dapat mengganggu fungsi layar sentuh.

Perbarui Aplikasi dan Perangkat Lunak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah layar hp yang tidak bisa disentuh adalah dengan memastikan semua aplikasi dan perangkat lunak di perangkat Anda diperbarui ke versi terbaru. Para pengembang aplikasi dan sistem operasi biasanya mengeluarkan pembaruan (update) secara berkala untuk memperbaiki bug dan meningkatkan performa perangkat. Dengan memperbarui aplikasi dan perangkat lunak, Anda dapat mengurangi kemungkinan terjadi konflik yang dapat menyebabkan masalah pada layar sentuh.

Nonaktifkan Aplikasi yang Mencurigakan

Jika masalah layar hp tidak dapat disentuh terjadi setelah Anda menginstal aplikasi baru, ada kemungkinan bahwa aplikasi tersebut memiliki bug atau masalah yang dapat mempengaruhi kinerja layar. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan nonaktifkan aplikasi tersebut dan periksa apakah layar sudah berfungsi normal kembali. Cara nonaktifkan aplikasi bervariasi tergantung pada jenis hp yang Anda gunakan. Pada umumnya, Anda dapat masuk ke pengaturan (settings) hp, pilih menu “Aplikasi” (Apps), lalu cari aplikasi yang dicurigai dan nonaktifkan. Jika setelah nonaktifkan aplikasi tersebut layar sudah berfungsi normal kembali, kemungkinan besar aplikasi tersebut adalah penyebab masalah. Anda dapat mencoba menghapus aplikasi tersebut atau mencari pembaruan (update) terbaru yang mungkin telah diperbaiki oleh pengembang aplikasi.

Factory Reset

Jika semua langkah di atas belum berhasil mengatasi masalah layar hp yang tidak bisa disentuh, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan factory reset. Namun, penting untuk diingat bahwa factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di perangkat. Oleh karena itu, pastikan Anda telah melakukan backup terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data yang penting. Factory reset dapat dilakukan dengan masuk ke pengaturan (settings) hp, pilih menu “Sistem” (System), lalu pilih opsi “Reset” atau “Factory Reset”. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghapus semua data dan mengembalikan perangkat ke pengaturan awal pabrik. Setelah factory reset selesai, perangkat akan melakukan restart dan Anda dapat mengatur ulang perangkat seperti pada saat pertama kali dibeli.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba mengatasi masalah layar hp yang tidak bisa disentuh. Namun, jika masalah masih berlanjut, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan resmi dari pabrikan hp atau membawa perangkat Anda ke pusat layanan terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Check Also

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Indosat

Dalam era digital seperti sekarang ini, kuota internet menjadi salah satu bahan pokok yang sangat …