Cara Membuat Garis Putus Putus Di Word

Advertisements
Advertisements

Apakah Anda sering kali menggunakan Microsoft Word untuk menulis dokumen atau membuat laporan? Jika iya, maka ada satu trik yang sayang untuk dilewatkan, yaitu membuat garis putus-putus di Word. Garis ini bisa memberikan tampilan yang lebih menarik pada dokumen Anda, sehingga pembaca akan lebih tertarik dan terkesan dengan hasil tulisan Anda. Tidak perlu khawatir, karena trik ini sangat mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun. Ingin tahu caranya? Yuk, ikuti penjelasan berikut ini!

$title$

Cara Membuat Garis Putus-putus di Word

Membuat garis putus-putus di Word dapat mempermudah pembaca dalam memahami konten yang sedang dibaca. Selain itu, garis putus-putus juga dapat digunakan untuk memisahkan bagian-bagian dalam tulisan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa cara untuk membuat garis putus-putus di Word dengan menggunakan shortcut key atau fitur border dan shading.

Mengapa Perlu Membuat Garis Putus-putus

Membuat garis putus-putus dalam dokumen Word memiliki beberapa kegunaan yang penting. Pertama, garis putus-putus dapat membantu membedakan bagian awal dan akhir dari sebuah paragraf atau isi subbagian dalam tulisan. Hal ini sangat berguna bagi pembaca dalam memahami isi dan struktur tulisan secara lebih komprehensif.

Kedua, garis putus-putus juga dapat digunakan untuk menandai pemisahan antara bagian-bagian penting dalam sebuah dokumen. Sebagai contoh, jika Anda sedang menulis laporan atau makalah, garis putus-putus dapat menandai pemisahan antara abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan. Dengan demikian, membuat garis putus-putus dapat membantu pembaca dalam menavigasi dan memahami struktur dokumen secara lebih mudah.

Ketiga, garis putus-putus juga dapat digunakan sebagai elemen desain dalam dokumen Word. Garis putus-putus dapat memberikan tampilan yang lebih menarik dan profesional pada paragraf atau bagian-bagian tertentu dalam tulisan Anda. Penggunaan garis putus-putus yang konsisten dan tepat dapat memberikan sentuhan visual yang menarik bagi pembaca dan memperbaiki tata letak dokumen Anda secara keseluruhan.

Menggunakan Shortcuts Key

Cara termudah untuk membuat garis putus-putus di Word adalah dengan menggunakan shortcut key. Shortcut key adalah kombinasi tombol tertentu yang, jika ditekan secara bersamaan, dapat memicu fungsi atau perintah tertentu. Dalam kasus ini, dengan menekan shortcut key yang tepat, Anda dapat langsung menampilkan garis putus-putus di dalam dokumen Word.

Untuk membuat garis putus-putus dengan menggunakan shortcut key, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan kursor berada di tempat Anda ingin menambahkan garis putus-putus.
  2. Tekan tombol “Ctrl” dan tombol “-” (tombol minus) secara bersamaan di keyboard Anda.
  3. Garis putus-putus akan langsung ditampilkan di dalam dokumen Word.

Jika Anda ingin membuat garis putus-putus secara horizontal, gunakan shortcut key “Ctrl + -“, sedangkan jika Anda ingin membuat garis putus-putus secara vertikal, gunakan shortcut key “Ctrl + Shift + -“.

Menggunakan Fitur Border dan Shading

Selain menggunakan shortcut key, Word juga menyediakan fitur Border dan Shading yang dapat digunakan untuk membuat garis putus-putus. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur jenis garis, warna, ketebalan, dan jarak antara titik-titik dalam garis putus-putus.

Untuk membuat garis putus-putus dengan menggunakan fitur Border dan Shading, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih teks, paragraf, atau bagian tempat Anda ingin menambahkan garis putus-putus. Jika Anda tidak ingin memilih teks tertentu, Anda dapat langsung membuka fitur Border dan Shading tanpa memilih terlebih dahulu.
  2. Pada menu “Ribbon” di bagian atas layar, klik tab “Home”.
  3. Pada grup “Paragraph”, klik tombol “Borders” yang memiliki ikon seperti sebuah bingkai atau garis.
  4. Akan muncul menu drop-down dengan berbagai pilihan garis dan bingkai. Pilih opsi “Borders and Shading” di bagian bawah menu tersebut.
  5. Akan muncul jendela “Borders and Shading” dengan berbagai tab dan pengaturan. Pada tab “Borders”, klik pada opsi “Dash” atau “Dotted” untuk mengatur jenis garis menjadi putus-putus.
  6. Klik tombol “OK” untuk menerapkan garis putus-putus pada teks, paragraf, atau bagian yang Anda pilih sebelumnya.

Dengan menggunakan fitur Border dan Shading, Anda dapat dengan mudah mengatur jenis garis putus-putus yang sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur warna, ketebalan, dan jarak antara titik-titik dalam garis putus-putus untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik dan konsisten dalam dokumen Anda.

Cara Mengubah Gaya dan Ukuran Font di Word

Saat mengedit dokumen di Microsoft Word, Anda mungkin perlu mengubah gaya dan ukuran font untuk tujuan tampilan atau penekanan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengubah gaya dan ukuran font di Word.

Menggunakan Menu Font di Ribbon

Menu font di ribbon Word menyediakan berbagai pengaturan yang dapat digunakan untuk mengubah gaya dan ukuran font. Dengan mengklik tombol dropdown pada menu font, Anda dapat memilih gaya font dan ukuran yang diinginkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word yang ingin Anda edit.
  2. Pada tab “Home” di ribbon, cari grup “Font”.
  3. Pada bagian grup “Font”, Anda akan melihat menu dropdown dengan nama gaya font yang sedang digunakan.
  4. Klik pada menu dropdown untuk melihat opsi gaya font yang tersedia. Anda dapat memilih salah satu gaya font yang diinginkan.
  5. Setelah memilih gaya font, klik pada bagian lain dokumen untuk menerapkan perubahan.
  6. Untuk mengubah ukuran font, Anda dapat memilih opsi ukuran font di samping menu dropdown gaya font. Klik pada tombol panah ke atas atau ke bawah untuk memilih ukuran font yang diinginkan.
  7. Setelah memilih ukuran font, klik pada bagian lain dokumen untuk menerapkan perubahan.

Menggunakan Shortcut Key

Selain menggunakan menu font di ribbon, Anda juga dapat menggunakan shortcut key untuk mengubah gaya dan ukuran font. Shortcut key adalah kombinasi tombol khusus yang dapat Anda tekan untuk langsung mengubah gaya dan ukuran font tanpa harus mencari menu yang tersembunyi di ribbon. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word yang ingin Anda edit.
  2. Pilih teks yang ingin diubah gaya dan ukuran fontnya.
  3. Tekan tombol “Ctrl+D” untuk membuka jendela “Font”.
  4. Pada jendela “Font”, Anda dapat mengubah gaya font dan ukuran font sesuai keinginan.
  5. Jika Anda ingin mengubah gaya font, pilih gaya font yang diinginkan dari menu dropdown.
  6. Jika Anda ingin mengubah ukuran font, pilih ukuran font yang diinginkan dari menu dropdown ukuran font.
  7. Setelah Anda selesai memilih gaya dan ukuran font, klik pada tombol “OK” untuk menerapkan perubahan.

Menggunakan Fitur Format Painter

Selain itu, fitur format painter juga dapat digunakan untuk mengubah gaya dan ukuran font di Word. Anda dapat mengambil format dari satu teks dan mengaplikasikannya pada teks lain dengan fitur ini. Jadi, jika Anda sudah menyesuaikan gaya dan ukuran font di satu bagian dokumen, Anda dapat dengan mudah mengubahnya di bagian lain menggunakan format painter. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word yang ingin Anda edit.
  2. Pilih teks yang memiliki gaya dan ukuran font yang diinginkan.
  3. Klik dua kali pada tombol “Format Painter” di grup “Clipboard” pada tab “Home” di ribbon.
  4. Kursor akan berubah menjadi sikat.
  5. Seleksi teks lain yang ingin Anda ubah gaya dan ukuran fontnya dengan mengklik dan menyeret kursor.
  6. Lepaskan klik mouse untuk menerapkan perubahan font pada teks tersebut.

Dengan menggunakan menu font di ribbon, shortcut key, atau fitur format painter, Anda dapat dengan mudah mengubah gaya dan ukuran font di Microsoft Word sesuai keinginan. Jika Anda ingin menonjolkan teks penting atau mendesain tampilan dokumen Anda, penggunaan font yang tepat dapat memberikan kesan visual yang menarik pada pembaca.

Cara Mengatur Margin di Word

Margin dalam Microsoft Word adalah area kosong di sekitar tepi halaman dokumen. Margin berfungsi untuk mengatur tata letak dan tampilan dokumen Anda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tiga cara yang berbeda untuk mengatur margin di Word: menggunakan Layout Page Setup, menggunakan Ruler di Word, dan menggunakan Shortcut Key. Mari kita bahas satu per satu:

Menggunakan Layout Page Setup

Menu Layout Page Setup adalah salah satu opsi yang memungkinkan Anda untuk mengatur margin secara manual dalam Word. Anda dapat mengakses menu ini dengan mengklik tab “Layout” di menu ribbon dan kemudian memilih opsi “Page Setup”. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada jendela Page Setup, klik tab “Margins”.
  2. Di bagian “Margin”, Anda dapat memilih margin yang telah ditentukan sebelumnya atau membuat margin baru dengan memasukkan angka sesuai keinginan Anda. Jika ingin mengatur margin secara manual, klik opsi “Custom Margins”.
  3. Pada jendela Custom Margins, Anda dapat menyesuaikan margin pada semua sisi atau hanya pada sisi tertentu dengan memasukkan angka di kolom “Top”, “Bottom”, “Left”, dan “Right”. Anda juga dapat mengatur margin khusus untuk setiap halaman dengan memilih opsi “Different Odd and Even” atau “Different First Page”.
  4. Setelah selesai mengatur margin, klik tombol “OK” untuk menerapkan perubahan.

Dengan menggunakan opsi Layout Page Setup, Anda memiliki kontrol yang lebih lengkap dalam mengatur margin sesuai kebutuhan Anda.

Menggunakan Ruler di Word

Ruler di Word adalah alat yang memungkinkan Anda untuk mengatur margin secara visual. Anda dapat menggunakan ruler untuk menggeser garis atas, bawah, kiri, dan kanan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan Ruler dengan mengklik tab “View” di menu ribbon, kemudian centang kotak “Ruler”.
  2. Setelah Ruler aktif, Anda dapat mengatur margin dengan menggeser garis pada Ruler. Untuk menggeser garis atas atau bawah, klik dan tahan garis yang sesuai, lalu seret ke posisi yang diinginkan. Begitu juga untuk menggeser garis kiri atau kanan.
  3. Anda juga dapat menyesuaikan margin secara proporsional dengan mengklik dan menahan garis pada Ruler, lalu menekan tombol “Shift” pada keyboard dan menggeser garis sesuai keinginan.

Setelah selesai mengatur margin menggunakan Ruler, pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat pada dokumen Anda.

Menggunakan Shortcut Key

Menggunakan Shortcut Key atau pintasan keyboard adalah cara cepat dan efisien untuk mengatur margin di Word tanpa harus mencari fitur yang tersembunyi di ribbon. Berikut ini adalah beberapa shortcut key yang dapat Anda gunakan:

  • Untuk mengatur margin atas dan bawah, tekan tombol “Ctrl + Shift + M”.
  • Untuk mengatur margin kiri, tekan tombol “Ctrl + Shift + T”.
  • Untuk mengatur margin kanan, tekan tombol “Ctrl + Shift + R”.

Dengan menggunakan shortcut key ini, Anda dapat dengan cepat mengatur margin sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa harus melalui langkah-langkah yang panjang.

Sekarang Anda telah mempelajari tiga cara yang berbeda untuk mengatur margin di Word: menggunakan Layout Page Setup, menggunakan Ruler di Word, dan menggunakan Shortcut Key. Pelajari dan kuasai cara-cara ini untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda dalam mengatur margin pada dokumen Anda di Microsoft Word.

Check Also

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Indosat

Dalam era digital seperti sekarang ini, kuota internet menjadi salah satu bahan pokok yang sangat …