Cara Memasukkan Video Ke Ppt

Advertisements
Advertisements

Apakah Anda sering merasa bosan dengan presentasi PowerPoint yang monoton? Jika iya, maka Anda perlu mencoba trik efektif ini untuk memasukkan video ke dalam slide PowerPoint Anda! Dengan menambahkan video, presentasi Anda akan menjadi lebih hidup dan menarik perhatian audience. Jadi, tunggu apa lagi? Ikuti langkah-langkahnya dan mulailah menciptakan presentasi yang menarik dan interaktif!

$title$

Cara Memasukkan Video Ke Ppt

Artikel ini akan menjelaskan dua cara untuk memasukkan video ke dalam presentasi PowerPoint (Ppt) menggunakan perintah “Video dari File” dan “Video Online”. Selain itu, kita juga akan membahas tentang bagaimana cara menyesuaikan ukuran dan tampilan video sesuai dengan kebutuhan kita.

Menggunakan Perintah “Video dari File”

Perintah “Video dari File” memungkinkan kita untuk memasukkan video ke PowerPoint dengan memilih file video dari komputer kita dan menyisipkannya ke dalam slide Ppt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka presentasi Ppt yang ingin kita tambahkan video.
  2. Pilih slide di mana kita ingin memasukkan video.
  3. Pada tab “Insert” di bagian atas menu, klik ikon “Video”.
  4. Akan muncul menu dropdown, pilih “Video dari File”.
  5. Browser file komputer kita akan terbuka, carilah dan pilih file video yang ingin kita sisipkan.
  6. Klik “Insert” untuk memasukkan video ke dalam slide.
  7. Ppt akan menampilkan thumbnail video di slide yang telah dipilih.
  8. Di bagian kiri atas thumbnail video, kita dapat melihat tombol putar video jika kita ingin memutar videonya di dalam slide. Kita juga dapat mengatur tampilan video dengan mengatur ukuran dan posisinya di slide.
  9. Bagian bawah thumbnail video, terdapat beberapa kontrol yang memungkinkan kita untuk memutar, menghentikan, memutar mundur, dan melepaskan suara video.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, video telah berhasil dimasukkan ke dalam presentasi Ppt menggunakan perintah “Video dari File”. Kita dapat memutar video di slide tersebut dan mengatur tampilan dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan.

Menggunakan Perintah “Video Online”

Selain menggunakan video dari file lokal, kita juga dapat memasukkan video dari sumber online seperti YouTube atau Vimeo. Perintah “Video Online” memungkinkan kita untuk mencari video di situs streaming tersebut dan menyisipkannya ke dalam slide Ppt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka presentasi Ppt yang ingin kita tambahkan video.
  2. Pilih slide di mana kita ingin memasukkan video.
  3. Pada tab “Insert” di bagian atas menu, klik ikon “Video”.
  4. Akan muncul menu dropdown, pilih “Video Online”.
  5. Jendela pencarian akan muncul di sisi kanan Ppt. Kita dapat mengetik kata kunci video yang ingin kita cari di situs streaming seperti YouTube atau Vimeo.
  6. Pilih video yang kita inginkan dari hasil pencarian yang muncul.
  7. Klik “Insert” untuk memasukkan video ke dalam slide.
  8. Ppt akan menampilkan thumbnail video di slide yang telah dipilih.
  9. Di bagian kiri atas thumbnail video, kita dapat melihat tombol putar video jika kita ingin memutar videonya di dalam slide. Kita juga dapat mengatur tampilan video dengan mengatur ukuran dan posisinya di slide.
  10. Bagian bawah thumbnail video, terdapat beberapa kontrol yang memungkinkan kita untuk memutar, menghentikan, memutar mundur, dan melepaskan suara video.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, video telah berhasil dimasukkan ke dalam presentasi Ppt menggunakan perintah “Video Online”. Kita dapat memutar video di slide tersebut dan mengatur tampilan serta ukurannya sesuai dengan kebutuhan kita.

Menyesuaikan Ukuran dan Tampilan Video

Setelah memasukkan video ke slide Ppt, kita dapat menyesuaikan ukuran dan tampilan video sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di slide tempat video kita telah dimasukkan, klik video untuk memilihnya.
  2. Terdapat alat pengedit video yang akan muncul di bagian atas menu PowerPoint.
  3. Di tab “Format” pada alat pengedit video, kita dapat menyesuaikan ukuran video dengan memasukkan nilai di bagian “Width” dan “Height”. Kita juga dapat menyesuaikan ukuran video dengan menggeser dan mengubah bentuk kotak yang muncul di sekeliling video.
  4. Pada tab “Video Tools Playback”, kita dapat mengatur opsi autoplay video, mengulangi video, atau memberi efek seperti memutar mundur atau mempercepat video.
  5. Tab “Video Tools Playback” juga menyediakan opsi pengaturan suara video, pengaturan pemutaran loop video, dan pengaturan transisi.
  6. Kita juga dapat menambahkan teks pada video dengan mengklik tab “Video Tools Format” dan memilih opsi “Text Box”.
  7. Setelah melakukan semua penyesuaian yang diperlukan, kita dapat melihat hasilnya dengan memutar video di slide tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat dengan mudah menyesuaikan ukuran dan tampilan video sesuai dengan kebutuhan kita di presentasi Ppt.

Memutar Video di Slide PPT

Pada slide presentasi PowerPoint (PPT), Anda memiliki kemampuan untuk memasukkan video agar lebih interaktif dan menarik. Anda dapat mengatur video untuk memutar secara otomatis atau secara manual, serta mengatur pengaturan suara sesuai kebutuhan Anda.

Otomatis Memutar Video

Salah satu opsi yang dapat Anda pilih adalah memutar video secara otomatis saat slide ditampilkan. Ini bermanfaat jika Anda ingin video langsung diputar ketika Anda menjalankan presentasi.

Untuk mengatur video agar otomatis diputar saat slide ditampilkan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih slide di mana Anda ingin menyisipkan video.
  2. Klik tab “Masukkan” di menu bar atas PowerPoint.
  3. Pilih opsi “Video” dalam grup “Media” pada tab “Masukkan”.
  4. Anda akan melihat beberapa opsi: “Video Online”, “Video di Komputer”, dan “Video dari Situs”. Pilih opsi yang paling sesuai dengan sumber video yang ingin Anda sisipkan.
  5. Arahkan kursor Anda ke video pilihan Anda, dan Anda akan melihat dua opsi. Pilih opsi “Sisipkan” jika video tersebut berada di komputer Anda.
  6. Video akan muncul di slide Anda, dan Anda dapat melakukan penyesuaian ukuran serta posisinya sesuai keinginan.
  7. Klik kanan pada video yang telah Anda sisipkan, lalu pilih opsi “Kontrol”, dan terakhir beri tanda centang pada pilihan “Putar secara Otomatis” di menu drop-down.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, video yang Anda sisipkan akan otomatis diputar saat slide ditampilkan. Ini akan memastikan video langsung diputar tanpa harus mengklik tombol “Putar” secara manual.

Memutar Video Secara Manual

Tidak hanya memutar video secara otomatis, Anda juga memiliki pilihan untuk memutar video secara manual dengan mengklik tombol “Putar” yang muncul saat Anda mengarahkan kursor ke video. Ini memberi Anda kontrol penuh atas saat video diputar dalam presentasi Anda.

Jika Anda ingin mengatur video agar diputar secara manual, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

  1. Pilih slide di mana Anda ingin menyisipkan video.
  2. Ikuti langkah 2 hingga langkah 5 dari opsi sebelumnya untuk menyisipkan video pada slide.
  3. Video akan muncul di slide, dan Anda dapat menyesuaikan ukuran serta posisinya.
  4. Klik kanan pada video yang telah Anda sisipkan, lalu pilih opsi “Kontrol”, dan pastikan tidak ada tanda centang pada pilihan “Putar secara Otomatis”.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, video yang Anda sisipkan hanya akan diputar saat Anda mengklik tombol “Putar” yang muncul ketika Anda berada pada slide yang berisi video tersebut.

Mengatur Pengaturan Suara

Jika video yang Anda sisipkan memiliki suara, Anda dapat mengatur pengaturan suara untuk video tersebut. Anda dapat memilih untuk memutar suara video secara otomatis, memutar hanya saat diklik, atau bahkan mematikan suara video.

Untuk mengatur pengaturan suara pada video, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih slide yang berisi video yang ingin Anda atur pengaturan suaranya.
  2. Klik kanan pada video tersebut, lalu pilih opsi “Kontrol”.
  3. Pilih pengaturan suara yang diinginkan: “Putar dengan Suara Otomatis”, “Putar dengan Suara Saat Diklik”, atau “Tanpa Suara”.

Jika Anda memilih opsi “Putar dengan Suara Otomatis”, video akan memutar suaranya secara otomatis saat slide ditampilkan. Jika Anda memilih opsi “Putar dengan Suara Saat Diklik”, suara video hanya akan diputar ketika Anda mengklik video tersebut. Sedangkan jika Anda memilih opsi “Tanpa Suara”, suara video tidak akan diputar sama sekali.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengatur pengaturan suara pada video yang Anda sisipkan dalam presentasi PowerPoint Anda.

Menyinkronkan Video dengan Slide PPT

Menyinkronkan video dengan slide ppt adalah metode yang berguna untuk memperkaya presentasi Anda dengan konten multimedia yang menarik. Dalam subbagian ini, kita akan membahas tiga cara untuk menyinkronkan video dengan slide ppt: menambahkan tautan ke video, menyinkronkan durasi video dengan durasi slide, dan menambahkan tombol kontrol video.

Menambahkan Tautan ke Video

Anda dapat menambahkan tautan ke video yang memungkinkan Anda untuk langsung membuka video eksternal saat diklik di slide ppt. Ini berguna jika Anda ingin menyertakan video yang lebih panjang atau memiliki konten yang lebih terperinci dalam presentasi Anda.

Untuk menambahkan tautan ke video, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Buka slide ppt di mana Anda ingin menambahkan video. Pilih objek teks atau gambar yang akan berfungsi sebagai tautan ke video.

Langkah 2: Klik kanan pada objek yang dipilih dan pilih “Tautan Hiburan” dari menu dropdown.

Langkah 3: Pilih opsi “Video dari Situs Web” dan salin tautan video yang ingin Anda sertakan dalam presentasi Anda.

Langkah 4: Tempelkan tautan video yang disalin ke dalam kolom yang tersedia pada jendela “Tautan Hiburan”.

Langkah 5: Klik “OK” untuk menambahkan tautan video ke objek yang dipilih. Sekarang, saat Anda mengklik objek tersebut saat presentasi berlangsung, video eksternal akan terbuka dan diputar.

Menyinkronkan Durasi Video dengan Durasi Slide

Jika Anda ingin video diputar secara otomatis dalam durasi waktu tertentu, Anda dapat menyinkronkan durasi video dengan durasi slide ppt. Dengan cara ini, video akan berhenti memutar saat slide berikutnya ditampilkan, memastikan keselarasan yang lebih baik antara isi video dan slide.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyinkronkan durasi video dengan durasi slide:

Langkah 1: Buka slide ppt di mana video ditempatkan. Klik pada video untuk memilihnya, kemudian pergi ke tab “Pemutaran”.

Langkah 2: Di bagian “Waktu Mulai”, pilih opsi “Setelah Animasi” atau “Secara Otomatis” tergantung pada preferensi Anda.

Langkah 3: Di bagian “Waktu Akhir”, pilih opsi “Dalam Slide Aktif” dan atur durasi slide sesuai keinginan Anda.

Langkah 4: Klik “OK” untuk menyimpan pengaturan dan menyinkronkan durasi video dengan durasi slide. Sekarang, saat presentasi berlangsung, video akan berhenti memutar ketika slide berikutnya ditampilkan.

Menambahkan Tombol Kontrol Video

Jika Anda ingin memberikan pengguna kontrol penuh atas video yang diputar, Anda dapat menambahkan tombol kontrol video pada slide ppt. Dengan cara ini, pengguna dapat memutar, menjeda, atau menghentikan video sesuai keinginan mereka.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan tombol kontrol video:

Langkah 1: Buka slide ppt di mana video ditempatkan. Pergi ke tab “Sisipkan” dan pilih “Video”.

Langkah 2: Pilih video yang ingin Anda tambahkan tombol kontrol. Setelah video ditambahkan, pergi ke tab “Alat Pemutar Video”.

Langkah 3: Di bagian “Tampilan” tab, pilih “Tombol Kontrol Video” dan pilihlah gaya tombol kontrol yang Anda inginkan.

Langkah 4: Atur posisi tombol kontrol di sekitar video sesuai keinginan Anda.

Langkah 5: Klik “OK” untuk menyimpan pengaturan dan menambahkan tombol kontrol video ke slide ppt. Sekarang, pengguna dapat menggunakan tombol kontrol ini untuk mengontrol pemutaran video sesuai keinginan mereka.

Dengan mempelajari cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah menyinkronkan video dengan slide ppt Anda. Menambahkan tautan ke video, menyinkronkan durasi video dengan durasi slide, dan menambahkan tombol kontrol video akan memberikan presentasi Anda dengan konten multimedia yang menarik dan pengalaman yang lebih interaktif bagi para penonton.

Mengekspor Presentasi dengan Video

Jika Anda ingin memasukkan video ke dalam presentasi PowerPoint (PPT), Anda perlu mengekspor presentasi tersebut ke format video. Langkah ini akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah membagikan presentasi kepada orang lain yang mungkin tidak memiliki akses ke PowerPoint.

Mengekspor Presentasi ke Format Video

Langkah pertama adalah mengekspor presentasi ke format video. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka presentasi PowerPoint yang ingin Anda ekspor ke video.
  2. Pada tab “File”, klik “Ekspor”.
  3. Pilih “Buat Video”.
  4. Pada dialog “Buat Video”, Anda dapat menyesuaikan pengaturan seperti kecepatan tampilan slide, resolusi video, dan tata letak slide.
  5. Jika Anda ingin menyertakan narasi atau suara latar dalam video, Anda dapat memilih file audio yang akan diputar di seluruh presentasi.
  6. Klik “Ekspor” dan beri nama file video Anda. Kemudian pilih lokasi penyimpanan untuk video tersebut.
  7. Klik “Simpan” dan presentasi Anda akan diekspor ke dalam format video.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda berhasil mengekspor presentasi ke format video. Anda sekarang dapat membagikan video tersebut kepada orang lain yang tidak memiliki PowerPoint.

Mengompres Video Sebelum Mengekspor

Sebelum mengekspor presentasi dengan video, disarankan untuk mengompres video agar ukuran file video tidak terlalu besar. Ini akan memudahkan Anda dalam proses pengiriman presentasi melalui email atau penyimpanan di perangkat dengan keterbatasan ukuran file.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengompres video sebelum mengekspor presentasi:

  1. Pilih video yang ingin Anda kompres.
  2. Klik kanan pada video dan pilih “Kompres Media”.
  3. Pilih opsi kompresi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih “Internet & DVD” untuk mengompres video dengan kualitas yang lebih rendah.
  4. Klik “OK” dan PowerPoint akan mengompres video sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih.

Dengan mengompres video sebelum mengekspor presentasi, Anda dapat mengurangi ukuran file video secara signifikan. Hal ini membuat proses berbagi presentasi menjadi lebih mudah dan efisien.

Memeriksa Kualitas Video Setelah Mengekspor

Setelah Anda mengekspor presentasi dengan video, penting untuk memeriksa kualitas video apakah tetap baik atau mengalami kehilangan kualitas yang signifikan. Ini penting karena video yang dikompress atau diekspor ke format video tertentu mungkin mengalami penurunan kualitas.

Untuk memeriksa kualitas video, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka file video hasil ekspor yang telah Anda buat sebelumnya.
  2. Putar video dan perhatikan apakah ada penurunan kualitas yang signifikan, seperti kehilangan detail atau ketidaksesuaian warna.
  3. Jika kualitas video menurun, Anda dapat mencoba mengompres video dengan pengaturan yang lebih rendah atau menggunakan format video yang berbeda saat mengekspor presentasi.

Dengan memeriksa kualitas video setelah mengekspor presentasi, Anda dapat memastikan bahwa video tetap berkualitas baik dan siap untuk dibagikan kepada audiens Anda.

Check Also

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Indosat

Dalam era digital seperti sekarang ini, kuota internet menjadi salah satu bahan pokok yang sangat …