Cara Melihat Draft Instagram

Advertisements
Advertisements

Apakah Anda pernah merasa frustasi ketika Anda hampir selesai dengan postingan Instagram Anda, namun tiba-tiba terhapus begitu saja? Sayangnya, Instagram tidak menyediakan fitur save draft secara langsung. Namun, jangan khawatir! Kami memiliki trik yang mudah untuk Anda agar dapat melihat draft-draft Instagram Anda dengan cepat dan praktis. Yuk, simak selengkapnya!

$title$

Cara Melihat Draft Instagram

Instagram adalah platform media sosial yang populer yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video. Namun, terkadang pengguna ingin melakukan perubahan atau penyempurnaan pada postingan mereka sebelum membagikannya secara publik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Instagram menyediakan fitur “Draft” yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengedit postingan sebelum mengunggahnya secara final. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melihat draft Instagram.

Mengapa Draft Instagram Penting

Draft Instagram adalah fitur yang sangat penting bagi para pengguna yang ingin memperbaiki atau merencanakan postingan mereka sebelum dipublikasikan. Kemampuan untuk melihat tampilan akhir postingan sebelum diposting memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memastikan bahwa postingan mereka memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan tujuan mereka. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan perubahan atau penyempurnaan, seperti mengedit teks, menambahkan filter, efek, dan stiker, serta memikirkan caption yang tepat sebelum postingan akhirnya dipublikasikan.

Cara Mengakses Draft Instagram

Untuk mengakses draft Instagram, pertama-tama buka aplikasi Instagram di perangkat Anda. Setelah itu, pilih ikon kamera yang terletak di pojok kiri atas layar. Setelah Anda masuk ke mode kamera, Anda akan melihat beberapa ikon di bagian bawah layar. Pilih ikon “Draft” yang berada di sebelah kanan ikon ‘Gallery’.

Setelah Anda memilih ikon “Draft”, Anda akan melihat daftar semua draft yang telah Anda simpan sebelumnya. Draft ini akan ditampilkan dalam urutan terbalik, dengan yang terbaru di atas. Anda dapat merasakan ketenangan mengetahui bahwa draft Anda akan tetap aman dan tersedia untuk dilihat dan diubah kapan pun Anda inginkan.

Mengedit dan Mempublikasikan Draft

Setelah Anda melihat daftar draft Instagram, Anda dapat memilih draft yang ingin Anda edit atau unggah dengan mengkliknya. Setelah memilih draft, Anda akan diarahkan ke antarmuka pengeditan, di mana Anda dapat melakukan perubahan sesuai keinginan Anda.

Anda dapat memulai dengan mengedit teks. Pilih kolom teks di postingan dan mulailah mengetik atau mengedit isi yang sudah ada. Anda juga dapat menggunakan huruf tebal, miring, atau garis bawah dengan memilih teks dan memilih opsi yang sesuai di menu format.

Selain itu, Instagram juga menyediakan berbagai filter yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik foto Anda. Anda dapat memilih filter yang paling sesuai dengan estetika Anda dengan menggeser ke kiri atau ke kanan pada pilihan filter yang tersedia. Anda juga dapat menyesuaikan intensitas filter dengan menggeser ke kiri atau ke kanan pada pilihan intensitas.

Jika Anda ingin menambahkan efek tambahan, Anda dapat memilih ikon “Efek” yang terletak di bawah kolom teks. Di sini, Anda akan menemukan beberapa efek yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan kreativitas dan keunikan postingan Anda.

Anda juga dapat menambahkan stiker pada postingan Anda. Pilih ikon “Stiker” yang terletak di antara kolom teks dan ikon efek. Instagram menyediakan berbagai stiker yang lucu dan menarik yang dapat Anda tempatkan di mana saja di foto Anda.

Setelah Anda selesai mengedit draft Instagram, Anda dapat memilih “Bagikan” untuk mempublikasikan postingan atau “Simpan sebagai Draft” jika Anda ingin mengeditnya lebih lanjut sebelum dipublikasikan. Jika Anda memilih “Simpan sebagai Draft”, postingan akan tetap ada di daftar draft Instagram Anda sampai Anda memutuskan untuk menghapusnya atau mempublikasikannya.

Dalam melihat draft Instagram, pengguna akan dapat mengedit postingan sebelum akhirnya dipublikasikan. Fitur ini memberikan fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar bagi pengguna untuk menciptakan dan membagikan konten yang mereka inginkan. Jadi, saat menggunakan Instagram, jangan ragu untuk menggunakan fitur draft dan manfaatkan kemampuannya untuk membuat postingan yang sempurna sebelum membagikannya dengan dunia!

Cara Membuat Draft di Instagram

Untuk membuat draft di Instagram, buka aplikasi Instagram dan pilih ikon kamera di pojok kiri atas layar. Ini akan membuka layar pengambilan gambar atau video.

Selanjutnya, Anda dapat mengambil foto atau video baru dengan menekan tombol pemicu di tengah layar atau memilih foto atau video yang sudah ada di galeri ponsel Anda.

Setelah Anda memilih atau mengambil foto atau video yang ingin Anda posting, Anda akan dibawa ke layar pengeditan. Di sini, Anda dapat mengaplikasikan filter, melakukan penyesuaian kecerahan, kontras, dan lainnya, atau menambahkan teks, stiker, atau emoji ke foto atau video Anda.

Setelah Anda selesai mengedit, jangan tekan tombol “Bagikan” yang biasanya berada di pojok kanan bawah layar. Sebaliknya, geser layar ke kiri atau tekan tanda panah kembali di pojok kiri atas layar untuk kembali ke layar kamera.

Ketika Anda kembali ke layar kamera, Anda akan melihat pesan yang muncul bertuliskan “Simpan sebagai Draft?” di bagian bawah layar. Pilih “Simpan” untuk menyimpan postingan sebagai draft.

Sekarang, postingan Anda akan disimpan dalam fitur draft di aplikasi Instagram dan bisa diakses kapan saja.

Menyunting dan Menghapus Draft

Jika Anda ingin menyunting atau menghapus draft yang telah Anda buat, Anda dapat melakukannya dengan mudah di aplikasi Instagram.

Pertama, buka aplikasi Instagram dan pilih ikon kamera di pojok kiri atas layar. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat opsi “Draft”. Pilih “Draft” untuk melihat daftar semua draft yang telah Anda buat sebelumnya.

Pada halaman daftar draft, Anda akan melihat thumbnail dari setiap draft. Pilih draft yang ingin Anda sunting atau hapus.

Jika Anda ingin menyunting draft tersebut, Anda akan dibawa ke layar pengeditan. Di sini, Anda dapat mengubah filter, melakukan penyesuaian, menambahkan teks atau stiker, atau melakukan perubahan lainnya sesuai keinginan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memilih “Hapus Draft” di bagian bawah layar jika Anda ingin menghapus draft secara permanen.

Jika Anda selesai menyunting draft, tekan tombol “Bagikan” untuk mempostingnya ke akun Instagram Anda. Jika Anda tidak ingin melanjutkan dengan posting, Anda dapat kembali ke halaman daftar draft dengan menekan tanda panah kembali di pojok kiri atas layar.

Pada halaman daftar draft, Anda juga dapat melihat informasi tentang setiap draft, seperti waktu terakhir draft diedit dan tautan “Melanjutkan Penyuntingan” untuk kembali ke layar pengeditan.

Sumber Daya Draft di Instagram

Salah satu fitur bermanfaat yang disediakan oleh Instagram adalah “Draft”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengelola semua draft yang telah mereka buat.

Untuk mengakses bagian “Draft” di profil Instagram Anda, buka aplikasi Instagram dan kunjungi profil Anda dengan mengetuk ikon profil di pojok kanan bawah layar. Pada halaman profil, pilih tautan “Draft” di bagian atas layar.

Di halaman “Draft”, Anda akan melihat daftar semua draft yang telah Anda buat sebelumnya. Setiap draft akan ditampilkan dengan thumbnail dan informasi tentang waktu terakhir draft diedit.

Anda dapat memilih draft apa pun untuk melihatnya secara lebih detail atau melakukan penyuntingan lanjutan. Pilih draft tersebut, dan Anda akan dibawa ke layar pengeditan di mana Anda dapat mengubah pengaturan, filter, teks, atau stiker.

Jika Anda puas dengan draft yang telah Anda buat, Anda dapat memilih “Bagikan” untuk mempublikasikannya ke akun Instagram Anda. Anda juga dapat memilih “Hapus Draft” untuk menghapusnya secara permanen.

Bagian “Draft” di profil Instagram merupakan sumber daya yang berguna bagi pengguna yang ingin merencanakan dan menyusun postingan mereka secara lebih teratur. Dengan menyimpan postingan sebagai draft, pengguna dapat mengeditnya lebih lanjut, menentukan waktu yang tepat untuk membagikannya, atau menyusun tema postingan yang lebih kohesif.

Fitur “Draft” ini memudahkan pengguna Instagram dalam mengelola postingan mereka dan memberi mereka fleksibilitas dalam membagikan konten dengan pengikut mereka.

Cara Mengunggah Draft Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang sangat populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dengan Instagram, pengguna dapat berbagi foto dan video dengan mudah dan mempercantiknya dengan beragam fitur dan filter yang tersedia. Salah satu fitur yang berguna adalah kemampuan untuk membuat dan menyimpan draft postingan sehingga pengguna dapat mengedit dan mempublikasikannya nanti. Bagi Anda yang ingin tahu cara melihat draft Instagram, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Mengakses Draft yang Tersimpan

Langkah pertama untuk melihat draft Instagram adalah dengan membuka aplikasi Instagram di perangkat Anda. Setelah terbuka, pilih ikon kamera yang terletak di pojok kiri atas layar. Ini akan membuka kamera Instagram.

Selanjutnya, di bagian bawah layar, Anda akan melihat beberapa ikon yang berada di antara tombol rana dan lingkaran dengan panah ke kanan. Salah satu ikon yang terlihat seperti tumpukan foto kecil adalah ikon “Draft”. Ketuk ikon ini untuk melanjutkan.

Setelah Anda memilih ikon “Draft”, Anda akan melihat daftar semua draft yang pernah Anda simpan. Draft-draft ini berisi foto atau video yang belum Anda publikasikan dan masih dalam proses pengeditan. Pilih draft yang ingin Anda lihat atau unggah.

Mengedit dan Mempublikasikan Draft

Setelah memilih draft yang ingin Anda unggah, Anda dapat melanjutkan dengan melakukan pengeditan tambahan jika diperlukan. Instagram menyediakan berbagai fitur pengeditan yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki pencahayaan, kontras, warna, dan lainnya. Anda juga dapat mengubah teks, menambahkan stiker, dan efek lainnya sesuai keinginan Anda.

Untuk memulai pengeditan, sentuh ikon pensil atau teks yang terletak di pojok kanan atas layar. Ini akan membuka tampilan pengeditan di mana Anda dapat melihat berbagai fitur dan filter yang tersedia. Sentuh dan pilih fitur yang ingin Anda gunakan dan sesuaikan pengaturan sesuai keinginan Anda.

Setelah Anda selesai melakukan pengeditan, Anda dapat mempublikasikan postingan dengan mengklik “Bagikan” yang terletak di pojok kanan atas layar. Ini akan mengunggah foto atau video tersebut ke akun Anda dan membagikannya dengan pengikut Anda.

Jika Anda belum yakin apakah Anda ingin mempublikasikan postingan atau masih ingin mengeditnya lagi nanti, Anda dapat memilih “Simpan sebagai Draft”. Ini akan menyimpan postingan Anda sebagai draft dan dapat diakses lagi di kemudian hari untuk diedit atau dipublikasikan.

Menghapus Draft Setelah Diunggah

Jika Anda sudah mengunggah sebuah draft sebagai postingan dan ingin menghapusnya, Anda dapat melakukannya dengan mudah di aplikasi Instagram. Pertama, buka aplikasi Instagram di perangkat Anda dan pilih ikon kamera di pojok kiri atas layar seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Pada layar kamera Instagram, Anda akan melihat beberapa ikon di bagian bawah layar. Salah satu ikon tersebut adalah ikon “Draft”. Ketuk ikon ini untuk melanjutkan dan melihat daftar semua draft yang pernah Anda simpan.

Cari draft yang sudah Anda unggah sebagai postingan dan pilihnya. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan draft dengan semua informasi dan fitur pengeditan yang tersedia. Pilih opsi “Hapus Draft” untuk menghapusnya secara permanen dari daftar draft Anda.

Setelah Anda menghapus draft, postingan tersebut tidak akan lagi tersedia di profil atau postingan Anda. Namun, harap dicatat bahwa jika Anda telah membagikan postingan tersebut dengan pengikut Anda sebelumnya, postingan tersebut masih akan tetap terlihat di akun pengikut Anda.

Dengan mengetahui cara melihat draft Instagram dan mengunggahnya, Anda dapat dengan mudah menyimpan dan menyunting postingan sebelum mempublikasikannya. Ini memungkinkan Anda untuk mengedit postingan Anda sebelumnya, menambahkan efek, atau perubahan lainnya. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan fitur ini dan membuat postingan Instagram Anda semakin menarik dan kreatif!

Check Also

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Indosat

Dalam era digital seperti sekarang ini, kuota internet menjadi salah satu bahan pokok yang sangat …