Cara Hapus Background Di Photoshop

Advertisements
Advertisements

Apakah Anda sering kali ingin menghapus latar belakang foto Anda agar terlihat lebih profesional atau hanya ingin memberikan efek kreatif pada gambar Anda? Jika iya, maka teknik jitu menghapus background di Photoshop dapat menjadi solusi tepat untuk Anda! Dengan menggunakan berbagai tools dan fitur yang tersedia, Anda dapat dengan mudah menghapus latar belakang yang tidak diinginkan dan menghasilkan gambar yang sesuai dengan keinginan Anda. Tertarik mencobanya? Mari kita simak penjelasannya berikut ini!

$title$

Cara Hapus Background Di Photoshop

Photoshop adalah salah satu software editing foto dan desain grafis terbaik yang banyak digunakan oleh para profesional. Salah satu fitur yang sangat berguna di Photoshop adalah kemampuannya untuk menghapus background gambar dengan presisi yang tinggi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara untuk menghapus background di Photoshop dengan menggunakan alat-alat yang tersedia. Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan gambar dengan background yang lebih bersih dan menarik. Mari kita mulai!

Menggunakan Alat Pilihan Penhapus Latar Belakang

Jika Anda ingin melakukan penghapusan latar belakang secara manual dengan kontrol yang lebih tinggi, Anda dapat menggunakan Alat Pilihan Penhapus Latar Belakang di Photoshop. Alat ini memungkinkan Anda untuk dengan cermat menentukan area yang akan dihapus.

Langkah-langkah untuk menggunakan Alat Pilihan Penhapus Latar Belakang:

  1. Pertama, buka gambar yang ingin Anda hapus backgroundnya di Photoshop.
  2. Kemudian, pilih alat Pilihan Penhapus Latar Belakang (Background Eraser Tool) dari toolbar Photoshop.
  3. Setelah itu, atur ukuran, kekerasan, dan opasitas alat sesuai kebutuhan Anda.
  4. Lalu, mulailah menghapus background dengan mengklik dan menyeret alat di sekitar area yang ingin dihapus. Anda juga dapat menggunakan [ dan ] untuk mengubah ukuran alat dengan cepat.
  5. Perhatikan kontur objek dan pastikan Anda tidak menghapus bagian yang seharusnya tetap ada.
  6. Jika Anda ingin menghapus background secara keseluruhan, Anda dapat menekan tombol Delete pada keyboard Anda.
  7. Setelah selesai, simpan hasilnya dengan memilih File > Save As dan pilih format file yang sesuai.

Anda sekarang telah berhasil menghapus background menggunakan Alat Pilihan Penhapus Latar Belakang di Photoshop. Selanjutnya, kita akan membahas cara lain untuk menghapus background dengan menggunakan Alat Seleksi Magnetik.

Menggunakan Alat Seleksi Magnetik

Alat Seleksi Magnetik adalah alat yang sangat berguna dalam menghapus latar belakang di Photoshop. Alat ini bekerja dengan mendeteksi kontur objek dan menyesuaikan seleksi secara otomatis. Hal ini memudahkan proses penghapusan background, terutama pada gambar dengan kontur yang kompleks.

Langkah-langkah untuk menggunakan Alat Seleksi Magnetik:

  1. Buka gambar yang ingin Anda hapus backgroundnya di Photoshop.
  2. Pilih Alat Seleksi Magnetik (Magnetic Lasso Tool) dari toolbar Photoshop.
  3. Tentukan opsi yang diinginkan, seperti ketebalan dan tingkat ketelitian.
  4. Klik pada titik awal objek yang ingin Anda seleksi, lalu ikuti kontur objek dengan alat ini. Alat ini akan mendeteksi kontur objek secara otomatis saat Anda menggambar.
  5. Pastikan Anda menutup seleksi dengan mengklik titik awal atau menggunakan tombol Enter pada keyboard.
  6. Sekarang, pilih menu Seleksi > Balik seleksi untuk membalikkan seleksi. Sekarang, background yang sebelumnya terpilih akan menjadi seleksi.
  7. Akhirnya, Anda dapat menghapus background dengan menekan tombol Delete pada keyboard.

Dengan menggunakan Alat Seleksi Magnetik, Anda dapat dengan mudah menghapus background gambar dengan kontur yang kompleks. Selanjutnya, kita akan membahas cara menghapus background menggunakan Alat Pilihan Cepat.

Menggunakan Alat Pilihan Cepat

Alat Pilihan Cepat merupakan salah satu alat yang dapat membantu Anda menghapus latar belakang dengan cepat dan mudah di Photoshop. Alat ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat menghasilkan seleksi objek atau latar belakang yang ingin dihapus.

Langkah-langkah untuk menggunakan Alat Pilihan Cepat:

  1. Buka gambar yang ingin Anda hapus backgroundnya di Photoshop.
  2. Pilih Alat Pilihan Cepat (Quick Selection Tool) dari toolbar Photoshop.
  3. Atur ukuran alat dan opsi lain sesuai kebutuhan Anda.
  4. Mulailah melukis di sekitar objek yang ingin Anda pilih. Anda akan melihat seleksi otomatis yang dilakukan oleh Photoshop saat Anda melukis.
  5. Jika diperlukan, Anda dapat menambah atau mengurangi area seleksi dengan menggunakan Alat Penambah atau Alat Pengurang.
  6. Ketika seleksi telah selesai, Anda dapat menghapus background dengan menekan tombol Delete pada keyboard.

Alat Pilihan Cepat sangat berguna untuk menghapus background dengan cepat. Namun, hasilnya mungkin tidak presisi seperti menggunakan alat-alat sebelumnya. Untuk hasil yang lebih presisi, Anda dapat melakukan penyesuaian seleksi menggunakan Alat Penambah dan Alat Pengurang.

Sekarang Anda telah mempelajari tiga cara untuk menghapus background di Photoshop. Gunakan metode yang paling sesuai dengan jenis gambar yang Anda punya. Selamat mencoba!

Tips dan Trik untuk Menghapus Background dengan Lebih Cepat

Apakah Anda sering mengedit gambar di Photoshop? Jika ya, Anda mungkin pernah mengalami tantangan dalam menghapus background gambar. Namun, dengan beberapa tips dan trik yang kami berikan di bawah ini, Anda dapat menghapus background dengan lebih cepat dan efisien. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan:

Menggunakan Pintasan Keyboard

Pertama-tama, salah satu cara tercepat untuk menghapus background di Photoshop adalah dengan memanfaatkan pintasan keyboard. Dengan menguasai pintasan keyboard, Anda dapat dengan cepat beralih antara berbagai alat dan menyesuaikan pengaturan dengan mudah. Misalnya, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard “B” untuk mengubah alat ke Brush Tool, “E” untuk Eraser Tool, dan “D” untuk mengatur warna foreground dan background ke default.

Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard untuk mengatur ukuran sikat dengan cepat. Misalnya, Anda dapat menekan tanda kurung buka “[” untuk mengurangi ukuran sikat atau tanda kurung tutup “]” untuk meningkatkan ukuran sikat. Dengan menggunakan pintasan keyboard ini, Anda dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas dalam menghapus background gambar.

Menggunakan Alat Toleransi Pewarnaan

Salah satu alat yang dapat membantu Anda dalam menghapus background dengan lebih cepat adalah Alat Toleransi Pewarnaan. Alat ini memungkinkan Anda untuk menghapus area dengan rentang warna tertentu dalam satu langkah, tanpa perlu menyesuaikan pilihan secara manual.

Cara kerjanya sangat sederhana. Pertama, pilih alat Toleransi Pewarnaan dari panel Alat di Photoshop. Kemudian, di panel Opsi alat, atur nilai Toleransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin tinggi nilai toleransi, semakin banyak warna yang akan terpengaruh oleh alat ini.

Selanjutnya, cukup klik pada area yang ingin Anda hapus. Alat Toleransi Pewarnaan akan secara otomatis memilih semua piksel dengan rentang warna yang sesuai dengan yang Anda klik. Jika ada area yang masih terlewat, Anda dapat menggunakan tombol Shift untuk menambahkan area seleksi atau tombol Alt untuk mengurangi area seleksi.

Dengan menggunakan Alat Toleransi Pewarnaan, Anda dapat menghapus background dengan lebih cepat dan presisi yang tinggi.

Menggunakan Layer Masking

Salah satu teknik yang sangat berguna dalam menghapus background di Photoshop adalah menggunakan Layer Masking. Dengan menggunakan Layer Masking, Anda dapat menghapus background secara selektif dan mempertahankan detail objek yang penting.

Pertama, buatlah seleksi pada objek yang ingin Anda pertahankan. Anda dapat menggunakan alat seleksi seperti Marquee Tool, Lasso Tool, atau Pen Tool untuk ini. Setelah itu, tambahkan Layer Mask pada layer yang berisi objek tersebut.

Selanjutnya, pilih Brush Tool dan pastikan warna foreground Anda adalah hitam. Gunakan brush dengan ukuran yang sesuai dan mulailah menggambar pada layer mask. Area yang Anda gambar dengan warna hitam akan tersembunyi, sementara area yang tidak Anda gambar akan tetap terlihat.

Dengan menggunakan Layer Masking, Anda dapat secara selektif menghapus latar belakang yang tidak diinginkan tanpa harus menghapus objek itu sendiri. Hal ini membantu Anda dalam mempertahankan detail yang penting dalam gambar.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa tips dan trik untuk menghapus background dengan lebih cepat di Photoshop. Anda dapat memanfaatkan pintasan keyboard, menggunakan Alat Toleransi Pewarnaan, dan menggunakan Layer Masking untuk mempercepat proses pengeditan gambar Anda. Dengan mempraktikkan tips-tips ini, Anda akan dapat meningkatkan produktivitas dan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam menghapus background gambar Anda.

Check Also

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Indosat

Dalam era digital seperti sekarang ini, kuota internet menjadi salah satu bahan pokok yang sangat …