Cara Download Lagu Dari Youtube Tanpa Aplikasi

Advertisements
Advertisements

Apa yang dapat kita lakukan jika kita ingin mendengarkan lagu favorit kita secara offline tanpa terganggu oleh iklan atau kualitas internet yang lemah? Salah satu solusinya adalah dengan mendownload lagu dari YouTube. Tapi, apakah kita harus menggunakan aplikasi tambahan yang harus diunduh terlebih dahulu? Ternyata tidak!

Cara Mudah Download Lagu Dari Youtube Tanpa Aplikasi

Cara Download Lagu Dari Youtube Tanpa Aplikasi

Memanfaatkan Website Konversi Online

Anda dapat menggunakan website konversi online untuk mengunduh lagu dari Youtube tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Website ini biasanya menyediakan layanan konversi video menjadi format audio.

Website konversi online dapat membantu Anda mengubah video Youtube menjadi file audio yang dapat diunduh dengan mudah. Prosesnya pun cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Youtube dan temukan video dengan lagu yang ingin Anda unduh.
  2. Salin tautan video dengan mengeklik tombol “Bagikan” dan kemudian “Salin tautan”.
  3. Buka website konversi online pilihan Anda di browser Anda.
  4. Pada halaman utama, Anda akan melihat kotak teks atau formulir yang memungkinkan Anda untuk memasukkan tautan video Youtube.
  5. Paste tautan video yang sudah Anda salin pada langkah kedua ke dalam kotak teks atau formulir tersebut.
  6. Pilih format audio yang Anda inginkan, seperti MP3 atau M4A.
  7. Klik tombol “Convert” atau “Konversi” untuk memulai proses konversi video menjadi audio.
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai. Durasi proses ini tergantung pada ukuran video yang akan dikonversi.
  9. Setelah proses konversi selesai, Anda akan melihat tautan unduh baru untuk mengunduh file audio yang sudah dikonversi.
  10. Klik tautan unduh tersebut dan file audio akan terunduh ke perangkat Anda.

Dengan menggunakan website konversi online, Anda dapat mengunduh lagu dari Youtube langsung ke perangkat Anda tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan lagu yang Anda sukai dalam format audio yang dapat diputar di pemutar musik atau smartphone Anda.

Menggunakan Fitur Playlist di Youtube

Fitur playlist di Youtube dapat memudahkan Anda mengunduh beberapa lagu sekaligus. Anda hanya perlu membuat playlist di akun Youtube Anda dan mengunduh seluruh playlist tersebut dalam format audio.

Fitur playlist di Youtube memungkinkan Anda mengumpulkan beberapa video berbeda dalam satu tempat yang disebut playlist. Anda dapat mengatur playlist sesuai dengan kategori lagu atau daftar putar yang Anda inginkan.

Untuk mengunduh lagu dari Youtube menggunakan fitur playlist, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Langkah pertama adalah membuat dan mengatur playlist di akun Youtube Anda. Buka Youtube dan masuk ke akun Anda.
  2. Pada halaman utama Youtube, di sisi kiri layar, klik pada tautan “Bibit/Performa” di bawah “Bibliotek”.
  3. Pada halaman “Bibit/Performa”, klik tombol “Buat playlist baru” di bagian atas layar.
  4. Beri judul pada playlist yang ingin Anda buat dan tambahkan deskripsi jika diinginkan.
  5. Selanjutnya, cari video dengan lagu yang ingin Anda tambahkan ke playlist. Buka video tersebut dan klik tombol “Tambahkan ke” di bawah video.
  6. Pilih playlist yang sudah Anda buat sebelumnya dan klik tombol “Tambahkan” untuk menambahkan video ke playlist.
  7. Ulangi langkah 5 dan 6 untuk menambahkan semua video dengan lagu yang ingin Anda unduh ke dalam playlist.
  8. Setelah selesai menambahkan semua video ke dalam playlist, kembali ke halaman “Bibit/Performa”.
  9. Klik pada playlist yang ingin Anda unduh.
  10. Pada halaman playlist, klik tombol menu tiga titik di sebelah kanan video pertama dan pilih “Unduh” atau “Download”.
  11. Pilih format audio yang Anda inginkan, seperti MP3 atau M4A.
  12. Klik tombol “Download” atau “Unduh” untuk memulai proses pengunduhan playlist dalam format audio.
  13. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai. Durasi proses ini tergantung pada jumlah video dalam playlist dan ukuran file audio yang akan diunduh.
  14. Setelah proses unduh selesai, semua lagu dalam playlist akan terunduh ke perangkat Anda dalam format audio yang dapat diputar di pemutar musik atau smartphone Anda.

Dengan menggunakan fitur playlist di Youtube, Anda dapat mengunduh beberapa lagu sekaligus tanpa perlu mengunjungi setiap video secara terpisah. Hal ini sangat memudahkan jika Anda ingin mengumpulkan lagu-lagu menjadi satu kumpulan dalam format audio.

Memanfaatkan Peningkatan Kualitas Video

Jika kebutuhan Anda hanya ingin memiliki file audio dari lagu Youtube, Anda dapat memanfaatkan fitur peningkatan kualitas video. Dengan meningkatkan kualitas video menjadi yang terbaik, Anda akan mendapatkan file audio dengan kualitas terbaik pula.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka Youtube dan temukan video dengan lagu yang ingin Anda unduh.
  2. Salin tautan video dengan mengeklik tombol “Bagikan” dan kemudian “Salin tautan”.
  3. Buka aplikasi browser di perangkat Anda dan kunjungi website pihak ketiga yang menyediakan layanan peningkatan kualitas video Youtube.
  4. Paste tautan video yang sudah Anda salin pada langkah kedua ke dalam kotak teks atau formulir yang disediakan di website tersebut.
  5. Pilih opsi peningkatan kualitas video menjadi yang terbaik.
  6. Klik tombol “Convert” atau “Konversi” untuk memulai proses peningkatan kualitas video.
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses peningkatan selesai. Durasi proses ini tergantung pada ukuran video yang akan ditingkatkan kualitasnya.
  8. Setelah proses peningkatan selesai, Anda akan diberikan tautan unduh baru untuk mengunduh video yang sudah ditingkatkan kualitasnya.
  9. Klik tautan unduh tersebut, tetapi kali ini, Anda hanya perlu mengunduh file audio yang sudah dikonversi dari video yang berkualitas tinggi.
  10. File audio tersebut akan terunduh ke perangkat Anda dan siap untuk diputar di pemutar musik atau smartphone Anda.

Dengan memanfaatkan peningkatan kualitas video Youtube, Anda dapat mengunduh file audio dengan kualitas terbaik tanpa harus menginstal aplikasi tambahan atau menggunakan website konversi online. Prosesnya cukup sederhana dan memastikan bahwa Anda mendapatkan file audio dengan kualitas yang memuaskan.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Download Lagu Dari Youtube Tanpa Aplikasi


Kelebihan Metode Tanpa Aplikasi

Metode download lagu dari Youtube tanpa aplikasi memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah tidak perlu menginstal aplikasi tambahan yang memakan ruang penyimpanan serta tidak perlu membayar untuk menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, metode ini juga lebih fleksibel karena dapat digunakan di berbagai perangkat dan sistem operasi. Dengan menggunakan metode ini, pengguna tidak perlu memikirkan ruang penyimpanan tambahan yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang memiliki ruang penyimpanan terbatas pada perangkat mereka. Mengunduh lagu langsung dari YouTube tanpa memerlukan aplikasi juga dapat menghemat biaya penggunaan internet, karena tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk mengakses aplikasi atau mengunduh aplikasi tambahan yang mungkin memerlukan langganan bulanan atau pembelian.

Kekurangan Metode Tanpa Aplikasi

Meskipun memiliki kelebihan, metode download lagu dari Youtube tanpa aplikasi juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah keterbatasan fitur dan opsi yang tersedia pada website konversi online. Website konversi online umumnya hanya menyediakan opsi unduhan dalam format MP3 atau MP4, sehingga pengguna tidak dapat memilih format lain yang mungkin mereka inginkan. Selain itu, pengguna juga tidak dapat menyesuaikan pengaturan equalizer atau mengatur preferensi khusus lainnya yang mungkin mereka inginkan pada lagu yang diunduh. Keterbatasan ini membuat pengguna tidak mendapatkan kontrol penuh atas file lagu yang diunduh.

Kecepatan unduh juga bisa menjadi kekurangan dalam metode ini, terutama jika koneksi internet yang digunakan tidak stabil atau lambat. Proses konversi dan unduhan mungkin memerlukan waktu lebih lama daripada menggunakan aplikasi khusus untuk mengunduh lagu. Hal ini dapat menjadi masalah terutama jika pengguna ingin mengunduh beberapa lagu sekaligus atau jika mereka memiliki batasan waktu yang ketat.

Selain itu, metode ini juga tidak menyediakan fitur sinkronisasi dengan aplikasi pemutar musik yang ada di perangkat. Beberapa aplikasi pemutar musik saat ini memiliki opsi sinkronisasi dengan YouTube yang memungkinkan pengguna memutar lagu secara langsung dari aplikasi pemutar musik mereka. Dengan metode download tanpa aplikasi, pengguna tidak dapat memanfaatkan fitur ini dan harus mengunduh lagu satu per satu secara manual untuk memainkannya melalui aplikasi pemutar musik mereka.

Meskipun metode download lagu dari Youtube tanpa aplikasi memiliki kekurangan, tetapi jika Anda ingin menghemat ruang penyimpanan dan tidak memerlukan fitur khusus, metode ini dapat menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda membutuhkan kontrol penuh atas preferensi dan format file yang diunduh, atau jika Anda ingin memanfaatkan fitur-fitur khusus yang ada pada aplikasi pemutar musik Anda, menggunakan aplikasi khusus untuk mengunduh lagu dari Youtube mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Check Also

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama Indosat

Dalam era digital seperti sekarang ini, kuota internet menjadi salah satu bahan pokok yang sangat …