bpjs
image.winudf.com

BPJS Sekarang Jadi Syarat Wajib Bagi Pelayanan Publik

Advertisements
Advertisements

BPJS Sekarang Jadi Syarat Wajib Bagi Pelayanan Publik

bpjs
muslimobsession.com

Nomor BPJS Kesehatan dapat diverifikasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) melalui berbagai cara. Pengecekan dapat dilakukan secara online atau offline.

Kesehatan BPJS kini menjadi penting karena merupakan syarat wajib bagi pelayanan publik. Mulai dari pembelian dan penjualan tanah hingga pengurusan izin.

Berikut cara cek nomor NIK BPJS Kesehatan dari berbagai sumber:

1. Aplikasi Seluler JKN

Aplikasi Seluler JKN dapat diunduh dari App Store atau Android di Google Play. Masuk ke aplikasi dan pilih jenis kartu NIK. Masukkan informasi dengan mengisi NIK, kata kunci, captcha dan memilih “Login”.

Setelah berhasil masuk ke aplikasi, pilih “Peserta”. Menu tersebut menampilkan informasi kepesertaan beserta 13 digit nomor BPJS.

2. Lewat SMS

Cek status BPJS menggunakan NIK melalui layanan SMS Gateway. Layanan ini tersedia melalui SMS di 08777 5500 400.

Mengirim data dalam format NIK
Kartu Identitas No. Misalnya: NIK 3573030309870001.

3. Lewat WhatsApp

Pengecekan nomor BPJS Kesehatan melalui NIK juga bisa dilakukan melalui Whatsapp. Jumlah cabang BPJS kesehatan di seluruh Indonesia ditampilkan di halaman resmi komunitas BPJS. Layanan ini buka dari hari Senin sampai Jumat dari pukul 08:00 sampai 15:00.

4. Melalui Media Sosial

akun media sosial resmi BPJS Kesehatan juga berfungsi untuk membantu Anda memantau BPJS Kesehatan melalui NIK. Misalnya melalui laman Twitter @BPJSKesehatanRI. Peserta dapat meminta nomor BPJS kesehatannya dan administrator on-call akan menjawab pertanyaan tersebut.

Untuk memverifikasi data, agen biasanya meminta informasi seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor induk kependudukan (NIK). Peserta diminta untuk menyampaikan informasi di atas melalui fungsi Direct Message (DM).

 

 

Sumber: sindonews.com

Check Also

Tips Jumper Aki Mobil yang Praktis dan Efektif

Masalah aki mobil yang mati seringkali menjadi momok bagi para pemilik kendaraan. Mungkin saat ini …