www.pcgamesn.com

Tips Dan Trick Tepat Cara Overclocking GPU

Advertisements

Tips Dan Trick Tepat Cara Overclocking GPU – Optimalkan Grafis Game Anda

overclocking gpu
linustechtips.com

Apakah game Anda membeku saat bermain? Tidak puas dengan grafis gamenya? Jadi overclock bisa meningkat banyak. Overclock adalah proses mekanis dari GPU. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang secara terpisah dan berlebihan untuk GPU yang di tingkatkan, Overclocking GPU merupakan solusi paling tepat.

Overclocking GPU itu sebenarnya apa?

Setiap kartu grafis memiliki jam tetap atau tingkat daya. Tetapi Anda dapat dengan mudah menambah jam; untuk grafis yang lebih baik pada kartu grafis saat bermain game. Prosedur ini disebut “peregangan berlebihan”. Hal ini memungkinkan GPU untuk mencapai lebih banyak kinerja, rendering lebih cepat, dan gameplay yang lebih halus.

Dalam model terbaru, overclock sangat membantu. Hasil yang lebih baik dapat diperoleh segera setelah overclock.

Sebenarnya Seberapa Amankah Melakukan Overclocking GPU?

Overclocking GPU telah menjadi lebih aman baru-baru ini dan pada perangkat modern. Anda dapat dengan mudah mengabaikan komputer atau bahkan laptop Anda. Jika terjadi kesalahan, perangkat akan melakukan boot ulang dengan aman atau menampilkan grafik yang salah saat diputar. Dengan begitu, Anda selalu bisa mendapatkan petunjuk kapan harus berhenti saat menyalip.

Namun, overclock tidak merusak perangkat keras. Anda juga dapat menggunakan “mode shunt” atau LN2 untuk melebihi batas tegangan selama tegangan lebih.

Oleh karena itu, jika Anda bersedia mengambil risiko kecil untuk mendapatkan keuntungan tambahan, overclock cukup aman!

Sebelum Anda berlebihan, coba optimalkan perangkat lunak Anda.

Overclock menawarkan hasil yang lebih baik. Namun, pastikan untuk mengoptimalkan perangkat lunak dan seluruh komputer untuk menghancurkan perbaikan pasca-overflow. Optimalisasi perangkat lunak memberikan dasar yang kuat untuk hasil terbaik.

Apa yang Anda butuhkan untuk overclocking GPU

overclocking gpu
static1.makeuseofimages.com

1. Instrumen overclock

Alat overclock akan membantu Anda mendapatkan hasil terbaik setelah overdrive. Ini juga menawarkan detail yang lebih baik tentang statistik overclocking. MSI Afterburner adalah pilihan yang bagus. Perangkat ini juga kompatibel dengan kartu grafis NVIDIA dan AMD.

Anda dapat dengan mudah mengunduh alat ini secara online dan menggunakan versi beta.

Atau, Anda dapat menggunakan kartu EVGA Precision XOC, bukan kartu EVGA.

AMD juga merilis AMD Overdrive untuk GPU eksklusifnya. Jika terjadi kesalahan, perangkat keras perangkat mungkin tidak kompatibel dengan overclocking.

2. Utilitas benchmark / stress test

Overclocking mendorong GPU ke batas untuk grafis yang lebih baik. Namun, ini juga dapat menyebabkan perangkat menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, perlu dilakukan benchmark atau alat stress test untuk memastikan alat tersebut tetap stabil selama proses berlangsung.

Berbagai alat pengujian stres dapat digunakan, seperti perangkat lunak benchmark 3D, 3DMark, atau Furmark.

3. Sedikit kesabaran – dan saraf titanium

Nah, hal terakhir adalah sedikit kesabaran. Anda harus mengikuti beberapa prosedur saat melakukan peregangan berlebihan. Oleh karena itu, mungkin perlu berdiri di depan mesin dan melakukan berbagai prosedur. Dalam hal ini, cobalah bersabar dan ikuti semua langkah atau prosedur dengan jujur.

Apakah overclock aman?

Overclock lebih aman. Namun, ini dapat mempersingkat masa pakai GPU. Tetapi perangkat modern bertahan lebih baik atau lebih lama bahkan setelah overclock.

overclocking gpu
lh6.googleusercontent.com

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk overclocking kartu grafis atau GPU Anda.

1. Bandingkan pengaturan saat ini

Membandingkan pengaturan sistem saat ini dapat membantu Anda membebani GPU untuk mendapatkan jam yang lebih baik. Ini juga membantu Anda memahami status GPU saat ini serta kinerja dan statistik sistem.

Anda dapat melapisi dan memilih opsi yang diinginkan dari menu prasetel. Namun, lebih baik memilih sesuatu dari gim normal Anda dengan pengaturan khusus.

Dengan overlay, Anda dapat membuat grafik yang lebih baik tanpa menggunakan video dengan kecepatan bingkai 1080p atau lebih tinggi. Namun, sebelum membandingkan GPU, matikan Vsynch. Jika tidak, kecepatan refresh monitor akan diblokir setelah pembandingan.

Pertama, klik tombol “Mainkan” dan tonton adegan selama lima menit. Data kinerja seperti kecepatan bingkai, suhu, dan jam ditampilkan di sudut layar.

Sekarang periksa apakah bintang berfluktuasi selama prosedur. Secara umum, kartu grafis NVIDIA dan AMD terbaru mengatur jam throttle berdasarkan konsumsi daya dan suhu GPU. Oleh karena itu, kartu-kartu ini sering kali mulai melipat ketika ada lebih banyak ruang kosong.

Selama Anda melakukan overdrive GPU secara manual, Anda dapat meningkatkan klik yang ditingkatkan melebihi batas normal, sehingga fluktuasinya normal.

Suhu kartu dapat berubah karena GPU terlalu panas. Tapi dia tidak ingin mobil yang terlalu panas. Oleh karena itu, selama prosedur ini, pastikan kipas alat bekerja dengan kapasitas penuh saat Anda makan.

Untuk kartu grafis lama, mekanismenya tidak otomatis seperti rekan-rekan modernnya. Oleh karena itu, mungkin perlu untuk memeriksa kecepatan kipas selama prosedur. Juga, cobalah untuk menghindari pengetatan yang berlebihan jika suhu melebihi 80 detik.

Ketika benchmark selesai, kartu skor akhir akan muncul. Catat kecepatan bingkai minimum, rata-rata, dan maksimum serta skor tolok ukur untuk referensi di masa mendatang.

2. Overclocking chip GPU.

Overclocking chip GPU juga membantu untuk mendapatkan grafis yang lebih baik saat bermain game. Anda sebaiknya mulai menarik chip lebih lambat. Pertama, meningkatkan penerapan jam dasar teknologi. 5% untuk memeriksa apakah perangkat tidak menunjukkan kesalahan atau masalah. Jika sudah stabil, coba angkat sedikit.

3. Overclocking memori.

Jika Anda seorang gamer berpengalaman, memori juga penting untuk GPU apa pun. Ini menjadi jelas jika Anda lebih suka bermain dengan tekstur khusus. Overdrive memori juga dapat membantu Anda mendapatkan perangkat yang lebih baik saat bermain game.

Pertama, dimulai dengan 50% atau 100 MHz atau 10% dari kondisi saat ini. Ini bisa menawarkan kinerja yang lebih baik.

Tetapi jika komputer atau laptop Anda mogok atau grafik gagal, Anda harus berhenti. Perangkat keras perangkat mungkin tidak kompatibel dengan overclocking. Tetapi Anda dapat mencoba membebani memori lagi dengan meningkatkan batas suhu. Ini dapat bekerja dalam banyak kasus.

4. Fine-Tune

Mulai penyetelan dengan meningkatkan jam GPU sebesar 10 MHz dan tunggu. Kemudian, jika grafiknya stabil, naikkan lagi menjadi 10 MHz, lalu jalankan benchmark lagi untuk menjalankan stress test. Atau, Anda dapat menjalankan dua hingga tiga permainan kasus untuk memeriksa kinerja perangkat dalam jangka panjang.

Selama pemutaran, perangkat dapat memulai ulang secara otomatis atau layar mungkin membeku. Ini menunjukkan bahwa Anda telah mencapai batas Anda. Sekarang kurangi jam 10-20 MHz.

Ini akan membuat jam inti stabil. Anda kemudian dapat mengulangi prosedur dengan jam memori GPU.

5. Tingkatkan batas kinerja.

Anda sudah tahu batas jam GPU. Jadi sekarang Anda memiliki dua pilihan. Tetap puas dengan situasi saat ini atau tingkatkan kinerja dan batas suhu afterburner MSI dan lihat hasilnya.

Setelah pertumbuhan ini, beberapa permainan dimulai. Anda akan melihat bahwa kipas lebih keras dari biasanya dan kartu tidak menurunkan jamnya secepat sebelumnya.

Anda dapat membuka MSI Afterburner RivaTuner untuk melihat statistik alat Overclocking. Jadi periksa apakah statistik berubah selama pertandingan.

6. Perbaiki (ulang) dan uji

Nah, setelah mengetahui level daya akhir, naikkan level 10 MHz lagi untuk mendapatkan sedikit lebih banyak.

Jalankan jam lagi untuk menyempurnakan semuanya. Jadi sekarang Anda memiliki GPU dengan kecepatan +170 MHz / + 450 MHz.

Setelah batas yang diinginkan tercapai, ulangi perbandingan perangkat. Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik saat bermain.

Apakah overclock GPU membuat perbedaan?

Nah, overclocking membuat perbedaan. Biasanya tergantung pada jenis game yang biasa Anda gunakan dan perangkat keras perangkat.

overclocking gpu
3.bp.blogspot.com

Misalnya, jika game berjalan pada kecepatan normal 60 frame per detik, Anda mungkin tidak menemukan perbedaan yang signifikan jika Anda menjalankan perangkat pada 69 frame per detik. Tetapi jika game turun menjadi 40 atau 50 frame per detik, overdrive memberikan hasil yang bagus.

Jika Anda memainkan game 4K, Anda bisa mendapatkan grafis yang lebih baik setelah overclocking.

Apa kesalahan umum saat overclocking?

Secara umum, overclocking aman jika Anda mengikuti panduan langkah demi langkah. Namun, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperiksa:

Hindari Overheating: Dalam kasus overheating, hati-hati memeriksa suhu GPU dan pastikan perangkat mendingin dengan benar. Misalnya, pastikan kipas angin menyala dan air sudah dingin.

Jangan overclock secara otomatis: Overclocking membebani GPU. Oleh karena itu, yang terbaik adalah tetap sadar selama overclock GPU. Hindari juga overclock GPU otomatis untuk memastikan keamanan perangkat.

Bisakah Anda Overclock laptop Anda?

Overclocking juga dimungkinkan dengan laptop. Jika Anda memiliki laptop berkualitas baik, Anda dapat dengan mudah berlebihan. Tetapi GPU lebih kecil di laptop. Selain itu, baterai lebih cepat habis. Jadi pastikan Anda membebani laptop sedikit.

Kesimpulan

Overclocking GPU menawarkan kinerja yang lebih baik untuk bermain game. Jadi jika Anda melakukannya dengan benar dengan mengikuti langkah-langkah yang benar, itu akan menawarkan peningkatan drastis. Anda juga akan menikmati gameplay yang lebih baik dengan grafis yang ditingkatkan!

 

 

 

Sumber: electronicshub.org

Periksa Juga

tips webcam terbaik 2022

Top 10 Tips Webcam Terbaik Untuk Video Call Atau Streaming (2022)

Tingkatkan Pengalaman Panggilan Video Dan Streaming Anda Dengan 10 Tips Webcam Terbaik Ini 10 tips …