10 Strategi Pemasaran Paling Efektif untuk B2B dan B2C

Advertisements
Advertisements

Apakah Anda mencari strategi pemasaran pertumbuhan yang telah terbukti paling efektif dalam menghasilkan prospek dan mendorong bisnis? Artikel ini dirancang untuk membantu Anda mempelajari taktik pemasaran terbaik untuk situasi bisnis apa pun, baik B2B atau B2C! Di bawah ini Anda akan menemukan dua jalur: satu untuk perusahaan B2B dan satu untuk perusahaan B2C. Klik atau gulir untuk mempelajari tentang strategi yang sesuai dengan situasi bisnis Anda dan jelajahi pendekatan terbaik untuk diterapkan dalam rencana pemasaran perusahaan Anda.

Setiap daftar 10 teratas didukung oleh data dari berbagai sumber dan telah diperbarui dengan informasi terbaru dari pemimpin pasar termasuk Drift, Forrester, HubSpot Research, Invesp, Saasquatch, Statista, dan MarketingProfs.com.

10 strategi pemasaran B2B terbaik

Ingin tahu apa pendapat para profesional bisnis tentang berbagai strategi pemasaran. Kami melihat hasil dan laporan survei terbaru yang telah mengumpulkan data tentang masalah ini, dan telah menyusun daftar 10 strategi pemasaran B2B yang umumnya diakui efektif terlepas dari industrinya. Inilah yang kami temukan, tanpa urutan tertentu:

Pemasaran konten

www.opendesignsin.com

Pemasaran konten menekankan pendidikan penjualan untuk mempengaruhi perilaku pembelian. Pendekatan pemasaran strategis ini berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan informasi yang relevan dengan kebutuhan pelanggan potensial untuk menarik mereka yang paling selaras dengan produk atau layanan Anda dan yang paling mungkin untuk membelinya. Karena komunikasi berkelanjutan, konten dapat disesuaikan untuk mencerminkan apa yang Anda pelajari tentang pelanggan potensial dari waktu ke waktu dan dapat mencakup berbagai format seperti infografis, halaman web, podcast, video, blog, kertas putih, webinar, dan banyak lagi. . Penting untuk dicatat bahwa pemasaran konten tidak identik dengan pemasaran masuk (lebih lanjut tentang itu nanti).

Pemasaran konten efektif karena:

  • Menarik pelanggan potensial melalui saluran penjualan
  • Meningkatkan visibilitas merek, kredibilitas dan daya tarik.
  • Sejajarkan pasar sasaran dengan informasi yang relevan

Fakta Singkat: 9 dari 10 pembeli B2B mengatakan konten online memiliki pengaruh sedang hingga signifikan terhadap keputusan pembelian mereka

Pemasaran internal

Inbound sejauh ini merupakan strategi pemasaran B2B yang paling efektif karena dibangun di atas kekuatan sebagian besar dari sembilan strategi lainnya untuk menarik, melibatkan, dan menyenangkan pelanggan. Tidak seperti metode pemasaran tradisional, termasuk strategi lain yang tercantum di sini, pemasar masuk menarik perhatian pelanggan dan menarik mereka ke situs web perusahaan dengan memproduksi dan menyampaikan konten yang bermakna. Karena pesannya relevan dan muncul di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, pengunjung yang masuk mengundang pengunjung untuk masuk daripada mengganggu mereka dengan iklan tradisional yang terputus.

Pemasaran Inbound efektif karena:

  • Ini berfungsi untuk bisnis dengan ukuran atau jenis apa pun.
  • Buat prospek yang lebih terinformasi
  • Dapat dengan mudah diintegrasikan dan dikelola oleh sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan sistem
  • manajemen konten (CMS), seperti HubSpot

Fakta Cepat: Fakta Cepat: 80% pengambil keputusan bisnis lebih suka memperoleh informasi merek melalui artikel atau seri blog daripada melalui pengumuman.

Pemasaran media sosial

cdn.searchenginejournal.com

Pemasaran media sosial berfokus pada penyediaan konten yang mereka anggap berharga dan ingin dibagikan kepada pengguna di jejaring sosial mereka, sehingga meningkatkan visibilitas dan lalu lintas situs web. Berbagi konten, video, dan gambar di media sosial juga memengaruhi upaya SEO, karena sering kali meningkatkan relevansi dalam hasil pencarian di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube dan Instagram, serta di jejaring sosial. Google dan Yahoo.

Pemasaran media sosial efektif karena:

  • Kurangi biaya pemasaran dengan meningkatkan perolehan prospek
  • Ini memberikan metrik yang memberi perusahaan wawasan tambahan tentang pasar.
  • “Memanusiakan” merek dan mendorong konversi

Fakta Singkat: 83% dari semua pemasar B2B menggunakan setidaknya satu dari situs media sosial “Empat Besar” (Facebook, LinkedIn, Twitter, YouTube) untuk mendistribusikan konten.

Optimisasi Mesin Pencari

Optimisasi mesin pencari, atau SEO, adalah proses meningkatkan kesadaran dan lalu lintas ke situs web tertentu dengan memastikan bahwa situs itu muncul di hasil pencarian teratas gratis (atau “alami”) di mesin pencari seperti Google, Bin! dan Yahoo. . Meskipun ada kesalahpahaman umum bahwa ini adalah taktik pemasaran yang terpisah, SEO dicapai dengan banyak taktik yang bekerja sama dan sangat penting untuk strategi pemasaran masuk yang efektif.

Sementara media sosial, email, iklan spanduk, dan alat pemasaran lainnya mendorong kunjungan situs web, visibilitas SEO sangat penting karena mesin pencari adalah cara utama pengguna menjelajahi Internet. SEO secara otomatis menumbuhkan audiens Anda dengan cara yang relevan dan bertarget – ini mengidentifikasi sebagai seseorang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Optimisasi mesin pencari efektif karena:

  • Ini terus berkembang untuk mengikuti penggunaan mesin pencari seluler dan lokal.
  • Sederhanakan pencarian untuk pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan Anda
  • Ini adalah cara hemat biaya untuk menjaga merek Anda tetap kompetitif melawan perusahaan dengan posisi serupa

Fakta Singkat: SEO memimpin sumber utama B2B sebesar 14%, diikuti oleh pemasaran email (13%) dan media sosial (12%).

Pemasaran Mesin Pencari / PPC

Pemasaran mesin pencari, atau SEM, adalah alat yang digunakan bisnis untuk meningkatkan lalu lintas situs web mereka melalui iklan online berbayar. Salah satu metode SEM yang paling populer adalah tautan bayar per klik (PPC). Pada dasarnya, perusahaan membeli atau “mensponsori” tautan yang muncul sebagai iklan di hasil mesin pencari ketika kata kunci yang terkait dengan produk atau layanannya dicari. Setiap kali iklan diklik, perusahaan membayar mesin pencari (atau situs hosting pihak ketiga lainnya) sedikit biaya per pengunjung, “bayar per klik” secara harfiah.

Pemasaran mesin pencari efektif berkat:

  • Luasnya alat dan jangkauan online
  • Profitabilitas dalam menghasilkan visibilitas tinggi
  • Kemampuan beradaptasi dengan berbagai pasar dan audiens

Fakta Singkat: Pengguna PPC 50% lebih mungkin melakukan pembelian daripada pengunjung situs organik.

Pemasaran dan penargetan ulang berbasis akun

Pemasaran Berbasis Akun (ABM) adalah strategi B2B yang menargetkan kumpulan akun tertentu melalui kampanye yang sangat dipersonalisasi. Ini memberi tim pemasaran dan penjualan sejumlah manfaat, termasuk proses penjualan yang lebih cepat, efektivitas biaya, dan penggunaan sumber daya pemasaran yang lebih efisien. Namun, sebanyak ABM, penting untuk diingat bahwa ABM tidak sama dengan pemasaran bertarget outbound. Jauh lebih strategis untuk menggunakan metode seperti penargetan ulang online untuk mempersonalisasi upaya pemasaran Anda.

Penargetan ulang menggunakan teknologi berbasis cookie browser untuk mengidentifikasi pengguna yang telah mengunjungi situs Anda tetapi keluar (atau “memantul”) sebelum menyelesaikan transaksi atau konversi. Cookie memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan bertarget dalam pencarian dan interaksi berikutnya dari pengguna ini, meskipun mereka tidak secara khusus terkait dengan situs Anda. Penargetan ulang adalah alat konversi yang efektif karena berulang kali menempatkan merek Anda di depan audiens yang telah menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda.

Penargetan ulang efektif karena:

  • Dapatkan kembali perhatian dan daya beli para “pameran”
  • Hasilkan rasio klik-tayang yang tinggi
  • Ini cocok untuk segmentasi pengunjung dan pesan yang dipersonalisasi

Fakta cepat: Rata-rata rasio klik-tayang untuk iklan bertarget ulang adalah 0,7% (dibandingkan 0,07% untuk iklan bergambar).

Memperoleh media dan hubungan masyarakat

Media yang diperoleh (atau “media gratis”) adalah iklan yang dibuat melalui upaya selain iklan berbayar. Ini dapat mengambil berbagai bentuk – kesaksian media sosial, dari mulut ke mulut, penyebutan TV atau radio, artikel surat kabar atau editorial – tetapi satu hal yang konstan: media yang diperoleh tidak banyak diminati dan hanya dapat diperoleh secara organik. Itu tidak dapat dibeli atau dimiliki seperti iklan tradisional.

Media dan hubungan masyarakat yang diperoleh efektif karena:

  • Mereka umumnya saluran iklan “gratis”.
  • Mereka tidak diperlukan dan karena itu memiliki kredibilitas yang dirasakan secara instan.
  • Tingkatkan kesadaran akan konten yang berharga, mendidik, dan dapat dipercaya.

Fakta Singkat: Perolehan akun media untuk 25-40% dari semua lalu lintas dan perolehan prospek.

Program rujukan

Program rujukan adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan pendekatan sistematis yang diambil oleh perusahaan untuk mendorong orang berbicara kepada orang lain tentang produk atau layanan mereka. Menerapkan program afiliasi khusus, program rujukan pelanggan, dan program mitra dalam struktur rencana pemasaran dimaksudkan untuk menawarkan kredibilitas instan kepada pelanggan yang sudah ada untuk menumbuhkan basis pelanggan. “Program rujukan” sering digunakan sebagai sinonim untuk “pemasaran rujukan”.

Program rujukan efektif karena:

  • Manfaatkan saran dari pelanggan yang puas
  • Kenali dan perkuat loyalitas merek pelanggan secara otentik
  • Mereka selalu dihargai oleh pelanggan.

Fakta Singkat: Nilai seumur hidup untuk pelanggan yang baru dilaporkan adalah 16% lebih tinggi daripada pelanggan yang tidak dilaporkan.

Acara industri

Pameran dagang langsung dan online tetap menjadi salah satu alat jaringan B2B terbaik (terutama ketika taktik masuk mendukung upaya acara) karena mereka menyatukan perusahaan dalam industri tertentu di satu lokasi, fisik atau virtual, untuk menghubungkan dan mendemonstrasikan produk dan layanan terbaru Anda . Jarang terbuka untuk umum, pameran dagang menawarkan perusahaan kesempatan untuk membangun atau memperkuat hubungan dengan mitra industri utama, pelanggan dan pelanggan potensial; mengidentifikasi tren dan peluang pasar; dan mendapatkan pemahaman tentang apa yang ditawarkan pesaing di pasar.

Mengingat “normal baru” yang dipicu oleh pandemi, jaringan mengalami beberapa keterbatasan. Namun, teknologi ini merupakan nilai tambah yang pasti, karena acara tatap muka telah berhasil diubah menjadi acara virtual yang menawarkan manfaat serupa, termasuk:

Interaksi yang bermakna dan membangun hubungan.
Partisipasi yang baik, menciptakan lingkungan yang kaya akan target untuk generasi pemimpin
Peluang bagi perusahaan dari semua ukuran untuk mengakses audiens yang sama dan informasi yang sama

Fakta singkat: Acara seperti pameran dagang menghasilkan prospek B2B paling banyak, sementara studi kasus adalah katalis di balik konversi dan percepatan prospek.

Pemasaran percakapan

Pemasaran percakapan hanya itu: percakapan. Interaksi waktu nyata melalui chatbot atau obrolan langsung menghadirkan informasi yang tepat di hadapan prospek dan pelanggan pada waktu yang tepat, dan pertanyaan tindak lanjut dijawab secara instan. Keterlibatan yang relevan dan dipersonalisasi sangat meningkatkan pengalaman pengguna, meningkatkan kemungkinan mendapatkan rujukan dari pelanggan yang puas. Untuk bisnis, metode pemasaran percakapan sering kali mengurangi waktu yang dihabiskan pembeli di saluran penjualan. Konversi terjadi lebih cepat karena hubungan terjalin lebih cepat.

Pemasaran percakapan efektif karena:

Hilangkan tingkat pembuatan prospek impersonal dan ciptakan pengalaman pelanggan yang otentik dan pribadi
Mendorong komunikasi yang jelas: Pembeli dapat dengan jelas mengungkapkan kebutuhan mereka, dan perusahaan dapat memahami dan membantu dengan lebih mudah, karena ada konteks yang sesuai seputar permintaan tersebut.
Perkuat hubungan karena bot juga dapat merekomendasikan konten tambahan untuk melengkapi pelatihan pembeli

Fakta Singkat: Pesan adalah metode komunikasi yang disukai untuk pelanggan dengan bisnis – 90% pelanggan menginginkan opsi obrolan.

Diambil secara individual, sebagian besar strategi yang kami daftarkan memberikan pengaruh pemasaran yang terbatas. Namun, pemasaran masuk menyelaraskan pengguna yang paling penting (SEO, SEM, pemasaran konten, media sosial, dan media yang diperoleh) untuk menawarkan pendekatan pemasaran yang komprehensif dan hemat biaya yang menghasilkan prospek yang berkualitas, memperkuat hubungan pelanggan, dan membangun merek dengan percaya diri dan sukses.

10 strategi pemasaran bisnis-ke-konsumen terbaik

Apa pendapat para profesional bisnis tentang berbagai jenis strategi pemasaran untuk menjangkau konsumen? Kami melihat hasil dan laporan survei terbaru yang telah mengumpulkan data tentang masalah ini dan membuat daftar 10 contoh strategi pemasaran B2C yang umumnya diakui efektif terlepas dari industrinya. Inilah yang kami temukan, tanpa urutan tertentu:

Jejaring sosial dan pemasaran viral

Pemasaran media sosial berfokus pada penyediaan konten yang mereka anggap berharga dan ingin dibagikan kepada pengguna di jejaring sosial mereka, yang menghasilkan peningkatan visibilitas dan lalu lintas. Berbagi konten, video, dan gambar secara sosial juga memengaruhi upaya pengoptimalan mesin telusur (SEO), sering kali meningkatkan relevansi dalam hasil penelusuran dalam jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram, serta mesin telusur seperti Google dan Yahoo.

Fakta Singkat: 61% bisnis menggunakan media sosial untuk meningkatkan konversi, dan 50% menggunakannya untuk mendapatkan wawasan pelanggan atau pasar.

Iklan media berbayar

Media berbayar adalah alat yang digunakan bisnis untuk meningkatkan lalu lintas situs web mereka melalui iklan berbayar. Salah satu metode yang paling populer adalah tautan bayar per klik (PPC). Pada dasarnya, sebuah perusahaan membeli atau “mensponsori” tautan yang muncul sebagai iklan di hasil mesin pencari ketika kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan mereka dicari (proses ini umumnya dikenal sebagai pemasaran mesin pencari atau SEM). . . Setiap kali iklan diklik, perusahaan membayar mesin pencari (atau situs hosting pihak ketiga lainnya) sedikit biaya per pengunjung, “bayar per klik” secara harfiah.

Fakta Singkat: Saat pelanggan semakin dekat dengan keputusan pembelian mereka, 65% akan mengklik iklan berbayar.

Pemasaran Internet

Pemasaran internet, atau pemasaran online, menggabungkan web dan email untuk mengiklankan dan mempromosikan penjualan e-niaga. Platform media sosial juga dapat dimasukkan untuk meningkatkan kehadiran merek dan mempromosikan produk dan layanan. Secara total, upaya ini sering digunakan bersama dengan format periklanan tradisional seperti radio, televisi, dan cetak.

Ada juga banyak yang bisa dikatakan untuk ulasan dan opini online. Iklan dari mulut ke mulut gratis, organik, dan sangat kuat karena orang-orang yang memiliki hal-hal baik untuk dikatakan tentang produk atau layanan Anda umumnya tidak mendapatkan apa-apa selain membagikan kabar baik. Rekomendasi dari teman, kolega, atau anggota keluarga memiliki kredibilitas bawaan dan dapat membuat lusinan pelanggan potensial mengantisipasi pengalaman positif dengan merek Anda.

Fakta Singkat: E-commerce global diproyeksikan mencapai $ 3.056,3 miliar dengan CAGR 14% hingga 2023, dengan peningkatan yang sebagian besar disebabkan oleh perilaku belanja tanpa kontak setelah pandemi global (COVID – 19)

Marketing Email

Pemasaran email adalah cara yang sangat efektif untuk memelihara dan mengonversi prospek. Namun, itu bukan perjudian jika pesan Anda berakhir di filter spam. Sebaliknya, pemasaran email adalah proses otomatis yang menargetkan pelanggan dan prospek tertentu dengan tujuan memengaruhi keputusan pembelian mereka. Keberhasilan pemasaran email diukur dengan rasio buka dan rasio klik, sehingga strategi ikut bermain, terutama bila digunakan sebagai komponen dari inisiatif pemasaran internet yang lebih besar.

Fakta Singkat: ROI rata-rata yang diharapkan untuk pemasaran email adalah $42 untuk setiap $1 yang dibelanjakan.

Penjualan langsung

Penjualan langsung melakukan persis seperti namanya: memasarkan dan menjual produk langsung ke konsumen. Dalam model ini, perwakilan penjualan membangun hubungan tatap muka dengan orang-orang dengan mendemonstrasikan dan menjual produk di luar toko, biasanya di rumah seseorang (misalnya, Amway, Avon, Herbalife, dan Mary Kay).

Fakta Singkat: Pasar penjualan langsung saat ini bernilai $63 miliar.

Pemasaran Titik Penjualan (POP)

Pemasaran titik penjualan (atau pemasaran POP) menjual kepada audiens yang ditargetkan – pembeli yang sudah berada di toko dan siap membeli. Pajangan produk, kupon di dalam kemasan, item pembicaraan di rak yang mempromosikan manfaat produk, dan “desis” lain yang menarik perhatian sering kali memengaruhi keputusan pembelian di rak dengan membuat penawaran yang terlalu bagus dan terlalu jelas untuk menyerah.

Fakta Singkat: Di Amerika Serikat, pembelian impulsif tahunan berjumlah $ 17,78 miliar, sementara Kanada mendistribusikan sekitar setengah dari jumlah itu: $ 8,8 miliar per tahun.

Co-branding, afinitas, dan penyebab pemasaran

Co-branding adalah metodologi pemasaran di mana setidaknya dua merek berkumpul untuk mempromosikan dan menjual satu produk atau layanan. Merek meminjamkan kredibilitas kolektif mereka untuk meningkatkan nilai yang dirasakan dari produk atau layanan, membuat konsumen lebih mungkin untuk membeli dan bersedia membayar lebih banyak secara eceran. Kedua, co-branding dapat menghalangi produsen label pribadi untuk menyalin produk atau layanan. Demikian pula, pemasaran afinitas adalah kemitraan antara perusahaan (pemasok) dan organisasi yang menyatukan orang-orang yang memiliki minat yang sama, misalnya kedai kopi yang menjual produk dari toko roti lokal.

Tidak ada kekurangan kolaborasi merek bersama, tetapi beberapa contoh terbaru menunjukkan keselarasan merek yang sangat baik, termasuk GoPro dan Red Bull yang penuh petualangan, BMW dan Louis Vuitton yang mewah, dan fashion forward Alexander Wang dan H&M.

Demikian juga, menyebabkan pemasaran meningkatkan dan meningkatkan reputasi merek. Cause marketing adalah upaya kerjasama antara bisnis yang mencari laba dan organisasi nirlaba untuk mempromosikan dan saling menguntungkan tujuan sosial dan lainnya. Penyebab pemasaran tidak boleh disamakan dengan sumbangan perusahaan, yang terkait dengan sumbangan pengurangan pajak tertentu yang dibuat oleh suatu organisasi. Karena hubungan pemasaran adalah tentang “merasa baik” dan Anda meyakinkan pelanggan bahwa Anda memiliki keinginan yang sama untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Fakta Singkat: Pelanggan menafsirkan co-branding sebagai pengesahan nilai merek yang sudah mereka percayai, menciptakan efek halo yang berpotensi menguntungkan.

Pemasaran percakapan

Pemasaran percakapan hanya itu: percakapan. Interaksi real-time melalui chatbot atau live chat memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi yang tepat di depan prospek dan pelanggan pada waktu yang tepat, memungkinkan mereka untuk melayani diri sendiri dan mendapatkan jawaban langsung atas pertanyaan. Keterlibatan yang dipersonalisasi dan relevan sangat meningkatkan pengalaman pengguna. Untuk bisnis B2C, pemasaran percakapan sangat efektif karena memperluas layanan pelanggan dan biasanya mengurangi waktu yang dihabiskan pembeli di saluran penjualan. Konversi terjadi lebih cepat karena hubungan terjalin lebih cepat.

Pemasaran percakapan efektif karena:

  • Hilangkan tingkat pembuatan prospek impersonal dan ciptakan pengalaman pelanggan yang otentik dan pribadi
  • Mendorong komunikasi yang jelas: Pembeli dapat dengan jelas mengungkapkan kebutuhan mereka, dan perusahaan dapat memahami dan membantu dengan lebih mudah, karena ada konteks yang sesuai seputar permintaan tersebut.
  • Perkuat hubungan karena bot juga dapat merekomendasikan konten tambahan atau produk yang relevan kepada pembeli berdasarkan perilaku mereka sebelumnya.

Fakta Singkat: Pesan adalah metode komunikasi yang disukai untuk pelanggan dengan bisnis – 90% pelanggan menginginkan opsi obrolan.

Media yang diperoleh / PR

Media yang diperoleh (atau “media gratis”) adalah iklan yang dibuat melalui upaya selain iklan berbayar. Ini dapat mengambil berbagai bentuk – kesaksian media sosial, dari mulut ke mulut, penyebutan TV atau radio, artikel surat kabar atau editorial – tetapi satu hal yang konstan: media yang diperoleh tidak banyak diminati dan hanya dapat diperoleh secara organik. Itu tidak dapat dibeli atau dimiliki seperti iklan tradisional.

Fakta Singkat: 92% pelanggan mengatakan bahwa mereka memercayai media yang diperoleh.

Storytelling

Penceritaan merek menggunakan format komunikasi yang sudah dikenal untuk melibatkan konsumen pada tingkat emosional. Alih-alih hanya menceritakan fakta dan angka, mendongeng memungkinkan Anda untuk menenun kisah yang tak terlupakan tentang siapa perusahaan Anda, apa yang dilakukannya, bagaimana memecahkan masalah, apa yang Anda hargai, dan bagaimana Anda terlibat dan berkontribusi pada komunitas Anda dan masyarakat umum.

Fakta Singkat: Dalam survei baru-baru ini, 91% responden melaporkan memiliki hubungan emosional yang positif dengan setidaknya satu merek.

Check Also

drift

Drift Kenalkan Alat Pemasaran Interaktif Guna Pengalaman Konsumen Lebih Baik

Drift Conversation Cloud di Rancang Untuk Pelanggan dan Menyediakan Informasi yang Berguna Bagi Tenaga Penjualan …